Distro Slackware

Slackware-current Dapatkan Pembaruan Massal, Tingkatkan ABI C++ dan Hapus .la

Para pengguna Slackware-current beberapa hari yang lalu mendapatkan pembaruan massal. Kanal -current sendiri merupakan kanal pengembangan dari distribusi sepuh Slackware dan merupakan kanal yang cocok dipakai oleh pengguna yang tidak ingin menunggu versi-versi baru paket masuk ke sistem mereka.

Patrick Volkerding, melalui pos catatan perubahan, menyebutkan pembaruan yang hadir tanggal 19 April lalu sebagai Slackware Mass Rebuild (pembangunan ulang masal Slackware) ketiga dan sebagai pembaruan yang membawa catatan perubahan terpanjang sepanjang sejarah proyek.

Slackware

Slacware Mass Rebuild dan catatan perubahan terpanjang ini dipicu oleh peralihan sistem ke ABI C++ terkini dan penghapusan berkas .la pada LD_LIBRARY_PATH.

Mengutip keterangan dari salah satu pengguna StackOverflow, ABI sangat berperan penting pada aplikasi yang memerlukan pustaka eksternal.

“Jika suatu program dibangun dengan pustaka tertentu dan pustaka kemudian diperbarui, Anda tidak perlu mengompilasi ulang aplikasi tersebut,” katanya. Dengan catatan, pustaka tersebut masih menggunakan ABI yang sama.

Dalam kasus Slackware, karena pengembang meningkatkan ABI C++, secara otomatis, hampir semua binary yang ada di dalamnya harus dikompilasi ulang karena mereka tidak binary compatible dengan versi sebelumnya.

Mengenai berkas .la yang dihapus di Slackware, .la adalah berkas yang digunakan oleh paket GNU libtools. Menyingkir dari .la merupakan sebuah “kewajiban” di era kekinian, selain karena sudah banyak proyek yang menggunakan pkg-config, beberapa dari mereka juga sudah mulai beralih dari GNU autotools (ke Meson). Walau begitu, proses penyingkiran .la tidaklah mudah. “…​ tapi tidak mudah menyingkirkannya secara total kecuali Anda melakukannya dalam sekali waktu,” tutur Patrick. “Bila Anda hanya menghapusnya pada satu paket, paket lain yang berisi berkas .la yang bergantung pada yang telah dihapus akan rusak.”

Tips untuk pengguna aplikasi pihak ketiga

Bagi pengguna Slackware-current yang memasang aplikasi pihak ketiga dari SBo atau dari tempat lain, mereka harus menghapus berkas-berkas .la dari LD_LIBRARY_PATH menggunakan perintah:

# rm /{,usr/}lib{,64}/*.la

Oleh sebab itu, penulis skrip SlackBuilds yang ditujukan untuk Slackware 15.0 harus menambahkan skrip:

# rm -f $PKG/{,usr/}lib${LIBDIRSUFFIX}/*.la
Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top