Distro Slackware

Slackware 13.x Masuk Masa EOL 5 Juli Mendatang

Hampir tepat sembilan tahun lalu, sang BDFL (Benevolent Dictator for Life) Slackware, Patrick Volkerding mengumumkan Slackware 13.0. Bila diperhatikan, Slackware 13.0 adalah pencapaian penting karena menjadi debut rilis dukungan arsitektur x86_64.

Slackware

Selama hampir sedekade, Patrick Volkerding menjamin keamanan dan kestabilan rilis 13 dengan pembaruan-pembaruan paket yang berisi perbaikan bug dan perbaikan keamanan. Ini tidak “gratis”. Patrick harus meluangkan waktunya untuk memastikan bahwa pembaruan paket yang diterapkan di rilis 13.0 tidak mengacaukan sistem pengguna sembari terus memelihara rilis 14.x.

Akhirnya pengumuman itu tiba.

Melalui berkas ChangeLog Slackware 13.0, Patrick menyampaikan bahwa tepat pada tanggal 5 Juli 2018 waktu setempat, Slackware 13.0 akan memasuki masa EOL (End of Life). Patrick tidak akan lagi menyediakan pembaruan keamanan. “Jika Anda masih menjalankan versi-versi tersebut, Anda disarankan untuk segera berali ke versi yang lebih baru (lebih diutamakan versi terkini),” tulisnya seperti yang dikutip dari blog kontributor Slackware, Willy Sudiarto Rahardjo.

Tak hanya 13.0 …​

Tidak hanya Slackware 13.0, Patrick Volkerding juga akan menghentikan dukungan rilis penerus, 13.1 dan 13.37, di waktu yang sama. Slackware 13.1 dan 13.37 diluncurkan pada bulan Mei 2010 dan April 2011. Di 13.1, Patrick membenamkan dukungan PolicyKit dan ConsoleKit sedangkan di 13.37 membenamkan dukungan GPT dan sistem berkas Btrfs.

Buat kamu yang masih menggunakan Slackware 13.0, 13.1, dan 13.37 disarankan untuk segera beralih ke rilis 14.x. Kalau pun tidak ingin beralih, kamu harus memelihara sistem tersebut sendiri (menyimak pembaruan/perbaikan dari upstream dan mengompilasinya).

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top