BlankOn Distro

Setahun Lebih Dikembangkan, BlankOn XI Uluwatu Final Akhirnya Diluncurkan

Hari Rabu, 2 Mei 2018 malam, tim pengembang BlankOn resmi menerbitkan rilis final BlankOn XI. BlankOn XI merupakan versi yang mulai dikembangkan lebih dari setahun lalu. Pada mulanya, ia ditargetkan hadir awal tahun ini seperti BlankOn X Tambora yang hadir awal tahun 2017. Meski agak terlambat, rilis ini menarik karena hadir tepat pada Hari Pendidikan Nasional.

Masih konsisten menggunakan nama tempat di Indonesia sebagai nama kodenya, BlankOn XI hadir dengan nama kode salah satu tempat di pulau Bali: Uluwatu.

“BlankOn XI Uluwatu Final Realase …​ Kabar gembira buat teman-teman yang telah menunggu rilis BlankOn, akhirnya bisa mencoba dan menyicipi BlankOn XI dengan nama sandi Uluwatu. Selamat hari pendidikan. Pendidikan untuk kemerdekaan perangkat lunak,” tutur pengembang.

BlankOn XI Uluwatu yang “berubah” warna dan fitur anyarnya

BlankOn XI Uluwatu menerapkan warna segar yang beda daripada rilis-rilis sebelumnya, yakni warna kuning. Pengembang mengaku, pada siklus rilis ini mereka hanya menitikberatkan infrastruktur BlankOn, termasuk peremajaan perangkat keras, rekonstruksi Pabrik CD, Pabrik Paket (IRGSH), Pabrik Repo, serta pemindahan Bzr dan Wiki ke Github.

BlankOn XI Uluwatu telah membenamkan GNOME 3.26.2 sebagai basis desktop Manokwari. Rilis ini telah memperbarui penerjemahan bahasa, manajemen jaringan, serta memperbarui komponen-komponen lain, termasuk aplikasi bawaan GNOME untuk Manokwari. Perkakas penginstal, BlankOn Installer, juga telah mendapatkan pembaruan terutama dukungan partisi mode UEFI.

Aplikasi penunjang pekerjaan pengguna tidak luput dari pembaruan. Aplikasi yang dimaksud seperti aplikasi perkantoran LibreOffice 6.0.1.1, aplikasi grafis GIMP 2.8.20, Inkscape 0.92, dan EOG 3.26.2, serta aplikasi multimedia VLC dan Audacious.

Fitur keren penarik mata yang baru diperkenalkan pada rilis ini adalah dukungan Flatpak. Yak …​ kamu tak salah dengar, Flatpak. Estu Fardani, manajer rilis Uluwatu mengungkapkan, “dengan Flatpak, pengguna dapat memasang aplikasi di berbagai distribusi Linux tanpa harus dipusingkan dengan dependensi-dependensi tertentu.” Flatpak (dulu Xdg-app) adalah sistem manajemen paket sekaligus format binary aplikasi yang dibangun oleh Red Hat dan menjadi format pemaketan yang diunggulkan oleh proyek-proyek FLOSS lainnya, termasuk Endless OS. Mulai XI Uluwatu, pengguna dapat memasang paket-paket Flatpak dari repositori Flathub, mulai dari aplikasi FLOSS GIMP, Kdenlive, GCompris, OpenShot, dll sampai aplikasi proprietari seperti Spotify, Steam, Skype, dll.

Tak ada buku panduan

Selama ini, BlankOn menerbitkan buku panduan berbentuk PDF pada setiap rilisnya. Namun, di rilis ini, pengembang memutuskan untuk tidak menyediakannya lagi. Semua dokumentasi difokuskan pada laman wiki daring di dev.blankonlinux.or.id/wiki/.

Kebutuhan sistem BlankOn XI Uluwatu

Untuk memasang BlankOn XI Uluwatu, pastikan perangkat kamu memiliki sistem minimal CPU 1.6GHz, memori RAM 2GB, ruang diska 15GB, dan VGA onboard 256MB, serta pastikan komputer kamu mendukung arsitektur 64-bit (mengenai hal ini, mayoritas komputer yang hadir 1 dekade ke belakang sudah mendukung 64-bit).

Unduh ISO atau mutakhirkan?

Ada dua cara memperoleh BlankOn XI Uluwatu, yang pertama adalah mengunduh citra ISO-nya melalui blankonlinux.or.id, yang kedua adalah melalui proses upgrade.

Mengutip keterangan tim Humas BlankOn, untuk memutakhirkan BlankOn X Tambora ke XI Uluwatu, pengguna harus terlebih dahulu menghapus VLC yang dilanjutkan dengan menyunting berkas /etc/apt/sources.list kemudian memutakhirkan dengan perkakas apt. Berikut langkahnya,

  1. Hapus VLC

    $ sudo apt remove --autoremove vlc
  2. Ubah alamat Tambora menjadi Uluwatu pada berkas .list

    $ sudo gedit /etc/apt/sources.list

    Find & Replace “tambora” menjadi “uluwatu”.

    Atau supaya lebih cepat, bisa gunakan sed, sebelum itu cadangkan dulu berkas sources.list.

    $ sudo cp /etc/apt/sources.list /etc/apt/sources.list.old
    $ sudo sed -i -e 's/tambora/uluwatu/g' /etc/apt/sources.list
  3. Perbarui repositori dan mutakhirkan

    $ sudo apt update
    $ sudo apt dist-upgrade
Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

3 comments on “Setahun Lebih Dikembangkan, BlankOn XI Uluwatu Final Akhirnya Diluncurkan

  1. 김다비드 says:

    Nice bgt review nya, jadi pengin coba

  2. Sucipto says:

    Wah, akhirnya rilis 😀

  3. vita says:

    Sudah terunduh. Binun mau buat boot flashdisk. Rufus gak ngatasin, Yumi juga akhirnya keremove karena gak ada file confignya. Burn ke dvd laptop dvd rw lagi freeze.
    Pusing nih jadi orok baru di linux…
    Padahal file2 distro linux lain gak masalah.
    Salah unduh pa file isonya yg salah ya?
    Kelihatanya menarik di tampilan desktopnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top