Berita

Seorang Pengguna Sukses Jalankan Ubuntu 18.04 LTS di Microsoft Surface Pro 3

Dunia FLOSS selalu penuh kejutan. Jika kamu masih ingat, sebuah kelompok peretas berhasil menjalankan sistem operasi GNU/Linux di konsol Nintendo Switch, beberapa bulan sebelumnya mereka juga berhasil memainkan GNU/Linux di PlayStation 4.

Bagaimana dengan hari ini? Seorang pengguna pod media sosial Diaspora Framasphere memamerkan sebuah foto distribusi Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver yang mampu berjalan di perangkat Microsoft Surface Pro 3. Menurut keterangan pengguna tersebut, proses instalasi Ubuntu 18.04 LTS di perangkat Microsoft itu memakan waktu 10 menit tanpa perlu tambahan patch apapun. Bahkan ia juga mampu berjalan bersanding dengan Windows (dual boot).

Menurut keterangan pengguna yang sama dua tahun lalu, ternyata sangat mudah memasang Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver di Microsoft Surface Pro 3 dengan terlebih dahulu mematikan fitur hibernasi, memisahkan SSD, dan menonaktifkan Secure Boot Control. Setelah itu kita hanya perlu mengunduh citra ISO Ubuntu dan memasukkannya ke dalam USB driver untuk kemudian di-boot langsung ke perangkat tersebut.

Tertarik memasang distribusi sejuta umat tersebut di Microsoft Surface Pro 3? Silakan simak pos ini (jangan lupa untuk menerjemahkannya terlebih dahulu ke bahasa Indonesia).

Sumber gambar unggulan: https://framasphere.org/posts/1795083

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top