Berita

Semua Perangkat Raspberry Pi Aman dari Kerentanan Meltdown dan Spectre

Celah kerentanan CPU Meltdown dan Spectre menjadi bug mengerikan pertama (dan semoga terakhir) yang ditemukan awal tahun ini. Meltdown terdeteksi di CPU Intel, sedangkan Spectre ditemukan di CPU Intel, AMD, maupun ARM dan ada di sana selama dua puluh tahun lamanya.

Raspberry Pi

Hampir semua perangkat yang pernah diproduksi beresiko memiliki Meltdown dan Spectre, tetapi tidak dengan perangkat Raspberry Pi. Pendiri Raspberry Pi, Eben Upton, menjelaskan, berdasarkan keterangannya tentang bagaimana eksekusi spekulatif yang memicu kerentanan tersebut bekerja pada prosesor modern, semua model Raspberry Pi aman dari Meltdown dan Spectre mengingat perangkat itu menggunakan Cortex-A7, ARM1176, dan Cortex-A53.

“Kurangnya spekulasi pada inti ARM1176, Cartex-A7, dan Cortex-A53 yang dipakai Raspberry Pi menjadikan imun terhadap serangan semacam ini (Meltdown dan Spectre),” ujar Eben via tulisan panjang di blog Raspberry Pi.

Di lain waktu, Eben Upton juga menampik adanya kerentanan Meltdown dan Spectre di Raspberry Pi di akun @EbenUpton.

Bagi Anda pengguna perangkat Raspberry Pi perlu bernafas dengan lega karena tak perlu repot-repot menunggu perbaikan dari vendor atau sistem operasi yang berpotensi besar menurunkan performa prosesor.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top