Distro elementaryos

Sebagai Rilis Baru, Elementary OS Juno Akan Melompat Jauh ke Versi 5.0

Bulan April 2018 besok, Ubuntu akan meluncurkan Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver. Apa artinya? proyek-proyek distribusi lain yang dibangun dengan pondasi Ubuntu LTS juga akan meluncurkan rilis baru, termasuk elementary OS. Elementary OS merupakan distribusi GNU/Linux yang cukup populer dan cocok bagi pengguna pemula yang baru pertama kali migrasi ke sistem operasi bebas/merdeka.

elementary OS

Selama ini, elementary OS menggunakan pemversian nol-titik-angka (0.1, 0.2, 0.3, dan 0.4). Namun, ini akan segera berubah. Di versi berikutnya penomoran akan diganti dan melompat jauh dari versi sebelumnya. Seperti yang dilansir It’s FLOSS, Daniel Fore, pendiri proyek elementary, menyatakan bahwa perubahan penomoran versi dilakukan agar tidak ada kebingungan serta tidak lagi memberi kesan elementary OS sebagai sistem operasi “beta” maupun “tidak stabil”.

Penggantian penomoran versi yang dimaksud dimulai pada elementary OS 5.0 (bukan 0.5 seperti yang dibayangkan sebelumnya).

Penggantian nomor versi yang sangat beralasan

Saat pertama kali diluncurkan sampai beberapa rilis setelahnya, elementary OS sangat bergantung pada komponen pihak ketiga, jadi sangat wajar jika pengembang menggunakan 0.1, 0.2, dst, karena elementary OS masih belum bisa “berdiri sendiri”. Semakin ke sini, elementary OS semakin mendiri dengan ekosistem yang terus tumbuh, aplikasi bawaan yang lebih banyak, dan perkakas system setting yang fungsional. Apalagi desktop environment Pantheon yang lebih matang.

Dengan alasan tersebut, sangat wajar jika tim elementary OS ingin meyundul tinggi nomor versi anyar ke 5.0 menggantikan rencana awal, 0.5.

Fitur baru dan jadwal rilis elementary OS 5.0

Dijuluki dengan nama kode Juno, elementary OS 5.0 akan membawa banyak fitur baru. Termasuk di antaranya, pembaruan pengaturan sound, AppCenter, fitur Night Light, notifikasi sistem sound yang lebih baru, penyediaan palet warna sebagai aplikasi ofisial, dsb.

Seperti versi sebelumnya, tidak ada jadwal rilis pasti. Tim pengembang akan meluncurkan elementary OS 5.0 Juno jika memang benar-benar siap. Namun, Daniel Fore menegaskan bahwa mereka akan melakukan sebaik-baiknya demi rilis ini dan berusaha menghadirkannya tidak lama dari rilis Ubuntu 18.04 LTS. Anda dapat menyimak daftar tugas yang digarap oleh pengembang untuk rilis 5.0 di tautan ini.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top