Berita

Sebagai Advisory Board, System76 Resmi Bergabung dengan GNOME Foundation

Kabar mengejutkan datang dari System76. Semoga sedikit menjelaskan, System76 adalah reseller komputer dengan sistem operasi GNU/Linux dari Denver, Colorado, Amerika Serikat. Produk-produk yang mereka pasarkan termasuk laptop atau notebook, desktop, dan server. Khusus untuk laptop dan desktop, mereka biasa membenamkan Ubuntu, namun mulai tahun kemarin mereka menggantinya dengan Pop!_OS.

Pop!_OS merupakan distribusi berbasis Ubuntu yang membenamkan desktop GNOME secara bawaan. Sejak dibentuknya proyek Pop!_OS, mereka terus meningkatkan fitur-fitur di dalamnya, yang secara langsung maupun tidak langsung bersinggungan dengan desktop GNOME. Guna mengikat kuat hubungan dengan upstream GNOME, System76 resmi bergabung dengan GNOME Foundation sebagai Advisory Board atau Dewan Penasihat.

Pop!_OS
Gambar 1. Pop!_OS dari System76

Seperti yang disiarkan oleh GNOME, Direktur Pemasaran System76, Louisa Bisio menyampaikan, “lebih dari setahun lalu, kami meluncurkan Pop!_OS, dan komunitas yang terus tumbuh di sekelilingnya adalah hal fantastis dan terus berlanjut. Kami tertarik untuk bergabung dengan GNOME Foundation Advisoryboard dan melanjutkan hubungan kami dengan komunitas perangkat lunak bebas/merdeka yang lebih luas.”

GNOME Foundation sangat menyambut baik bergabungnya System76 sebagai Advisory Board. Ambisi jangka panjang System76 untuk melihat perangkat lunak bebas/merdeka tumbuh sangat patut untuk dihormati, terang Direktur Eksekutif GNOME Foundation Neil McGovern, dan kami sangat menyambut kedatangan mereka untuk membantu mendukung Foundation dan komunitas.

Dengan demikian, System76 menjadi Advisory Board GNOME Foundation setelah Canonical, Debian, Endless, FSF, Google, Private Internet Access, Red Hat, Sugar Labs, SUSE, dan The Document Foundation. Untuk melihat daftar Advisory Board, silakan rujuk laman www.gnome.org/foundation/.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top