Distro

Rilis Mayor Parrot 4.0 Kenalkan Citra Netinstall dan Docker

Lorenzo Faletra alias Palinuro, pimpinan pengembangan distribusi GNU/Linux Parrot, akhirnya mengumumkan rilis mayor gres: Parrot 4.0. Parrot 4.0 merupakan hasil dari pengembangan berbulan-bulan pasca kehadiran Parrot 3.11 Januari lalu.

Melalui catatan rilis, Palinuro menyebut rilis ini sebagai pencapaian penting dalam sejarah proyek. “Proses pengembangan versi ini membutuhkan banyak waktu, dan banyak pembaruan penting, sehingga menjadikan rilis ini pencapaian penting dalam sejarah proyek kami,” tuturnya.

Parrot

Jadi, apa saja fitur baru yang layak untuk dinikmati oleh pengguna?

Parrot 4.0 memperkenalkan citra netinstall pertamanya. Netinstall merupakan citra sistem operasi yang berukuran kecil, hanya berisi komponen inti, tetapi powerful. Dengannya, pengguna dapat memasang desktop environment lain dan membangun sistem dengan merek sendiri, dengan tetap menyertakan penjelasan bahwa sistem tersebut berbasis Parrot.

Kehadiran netinstall adalah reaksi dari banyaknya pengguna yang tidak hanyak memanfaatkan Parrot sebagai distribusi pentest, tetapi juga sebuah framework untuk membangun sistem dengan lingkungan sesuai keinginan mereka.

Untuk saat ini, citra netinstall dianggap sebagai fitur eksperimental, karena masih ada beberapa masalah mengganggu, termasuk perkakas penginstal yang gagal ketika memakai cermin HTTPS.

Rilis ini juga menjadi debut penyediaan templat Docker ofisial. “Docker adalah teknologi kontainer powerful yang mengizinkan pengguna untuk mengunduh templat Parrot dengan cepat dan langsung menjalankan instansi Parrot terisolasi dan tak terbatas di atas SO host.”

Pengembang menyediakan tiga jenis citra Docker:

  1. Kontainer inti yang hanya berisi sistem utama.

  2. Kontainer dengan lingkungan sistem operasi ditambah perkakas-perkakas penting yang lebih komplit.

  3. Kontainer yang dikhususkan sebagai lingkungan metasploit.

Untuk mengunduh citra netinstall dan Docker, sila kunjungi tautan ini.

Di samping menyediakan dua citra anyar tersebut, Parrot 4.0 juga membenamkan kernel Linux 4.16, dukungan sandbox firejail, desktop environment MATE 1.20, LibreOffice 6, Nginx yang menggantikan Apache2, peramban Firefox 60, dukungan MD Raid, dll.

Citra ISO Parrot 4.0 dapat diperoleh melalui www.parrotsec.org/download.php. Namun bagi pengguna Parrot 3.11, mereka dapat memutakhirkannya dengan menjalankan perintah di bawah ini.

$ sudo apt update
$ sudo apt purge tomoyo-tools
$ sudo apt full-upgrade
$ sudo apt autoremove
Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top