BSD

Rilis Anyar FreeBSD 11.2 Meluncur, Tingkatkan Dukungan Beragam Perangkat Keras

Tidak hanya proyek distribusi GNU/Linux yang beberapa hari terakhir meluncurkan rilis baru, sistem operasi FreeBSD juga menerbitkan versi termutakhir: FreeBSD 11.2.

“FreeBSD Release Engineering Team dengan bangga mengumumkan ketersediaan FreeBSD 11.2-RELEASE. Ini adalah rilis (pembaruan) ketiga untuk branch stable/11,” pengembang menuliskan pengumuman di freebsd.org.

FreeBSD

Banyak sekali pembaruan yang dibenamkan pada FreeBSD 11.2, beberapa yang perlu disorot adalah pembaruan OpenSSH ke versi 7.5p1 dan OpenSSL ke 1.0.2o. Rilis ini juga meningkatkan utilitas Clang, LLVM, lldb, dan compiler-rt ke versi 6.0.0. Pustaka libarchive 3.3.2 dan libxo 0.9.0 juga disertakan pada rilis poin kedua untuk seri FreeBSD 11 ini.

Dukungan perangkat keras pada FreeBSD 11.2 semakin ramai dengan kehadiran device driver ixl, cxgbe, ng_pppoe, ocs_fw, mlx5io, dan smartpqi, begitu juga dengan dukungan EFI yang semakin meningkat dengan kehadiran utilitas efibootmgr, dwatch, dan etdump. Karena dukungan KDE Plasma 5 masih dalam proses penggodokan, FreeBSD 11.2 masih memakai KDE 4.14.3. GNOME 3.18 juga menjadi desktop environment mayor yang layak menjadi pilihan.

Citra ISO FreeBSD 11.2 dapat diperoleh melalui repositori resmi. Untuk memutakhirkan dari FreeBSD 11.1 atau sebelum itu ke rilis ini, silakan simak handbook FreeBSD.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top