Distro Ubuntu

Rencana Pengembangan Ubuntu 18.10, dari Ubiquity Generasi Baru Sampai Chromium Snap

Canonical telah memulai pengembangan Ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish dan menerbitkan citra ISO harian. Layaknya setiap rilis anyar non-LTS maupun LTS, Ubuntu 18.10 digadang-gadang akan membenamkan pembaruan yang tidak sedikit.

Dari nawala terkini yang diterbitkan oleh Will Cook, tim Ubuntu desktop membocorkan apa saja pembaruan yang sedang digarap dan akan diperkenalkan pada rilis Cosmic Cuttlefish. GNOME Software menjadi komponen yang akan ditingkatkan pengalaman penggunanya (UX). Bulan Juni nanti, tim desain Ubuntu bersama tim GNOME akan bertemu dan mendiskusikan ide maupun rencana untuk menerapkannya.

Ubuntu 18.10
Gambar 1. Ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish (Brian Gratwicke)

Dukungan Snap juga bakal lebih baik. Fitur yang saat ini sedang digodok pada Snapcraft akan meningkatkan performa waktu mulai (start up) paket aplikasi desktop snap. Tentu pembaruan ini juga akan dimasukkan ke Ubuntu 18.10. Di samping itu, Ubuntu 18.04 LTS telah membenamkan beberapa paket snap secara bawaan, salah satunya GNOME Software, di Ubuntu 18.10 nanti, paket snap bawaan bakal semakin banyak, peramban Chromium menjadi salah satunya.

Pembenahan Chromium snap secara bawaan tidak hanya akan dilakukan pada 18.10 tetapi juga pada 14.04 Trusty Tahr.

“Chromium semakin sulit untuk dibangun di rilis lawas Ubuntu karena ia membawa fitur-fitur kompilator Cpp modern. Snap dapat membantu kami untuk mengatasi masalah tersebut, oleh sebab itu kami meminta untuk menerapkan Chromium snap mulai dari 18.10, dan juga merehatkan Chromium deb di Trusty,” tutur Will Cook.

Ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish juga akan menghemat konsumsi power dengan memanfaatkan opsi kernel yang akan memaksa pengontrol HDD, USB, dsb berada di status hemat power saat tidak dipakai, selain itu, ia juga akan membenamkan dukungan klien DLNA, menjadikan tema Communitheme sebagai tema utama, dan membenamkan penginstal Ubiquity generasi baru (seperti yang sudah disampaikan oleh Mark Shuttleworth).

Di siklus pengembangan ini Canonical juga mulai menyusun laman berisi laporan metrik seputar data pengguna yang dikumpulkan oleh mereka untuk meningkatkan Ubuntu desktop di masa mendatang.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top