Distro

Q4OS 2.5 Dirilis, Kini KDE Plasma Dapat Dipasang dengan Mudah Lewat Penginstal

Untuk para pengguna distribusi GNU/Linux Q4OS, beberapa waktu lalu pengembang meluncurkan rilis pembaruan Q4OS 2.5 “Scorpion”. Q4OS merupakan distribusi berbasis Debian yang ingin memudahkan para mantan pengguna Windows beralih ke GNU/Linux.

Q4OS merupakan distribusi unik yang membenamkan desktop environment Trinity sebagai desktop utama. Trinity sendiri adalah desktop yang dibangun dari KDE3. Meski mengunggulkan Trinity, Q4OS juga mendukung desktop lain. Buktinya, di versi 2.5, Q4OS telah menjadikan KDE Plasma sebagai desktop first class yang dapat dipasang bersandingan dengan Trinity.

Sungguh unik memang. KDE Plasma ditawarkan melalui perkakas penginstal bagi pengguna yang ingin menggunakan desktop ini dengan syarat kebutuhan minimal perangkat keras terpenuhi. Keputusan “terpenuhi atau tidak” dideteksi secara otomatis oleh penginstal. “Sehingga pengguna dapat login dan pindah ke depan dan ke belakang antara desktop Trinity yang ringan dan efisien maupun ke desktop environment yang lebih mahir KDE Plasma sesuai keinginan mereka,” kata pengembang kemarin.

Q4OS

Dua versi desktop environment yang disediakan adalah Trinity 14.0.5 dan KDE Plasma 5.8 LTS. Di samping itu, Q4OS 2.5 juga menyediakan PulseAudio, penginstal LibreOffice 6 dan Firefox 60, serta beberapa perbaikan bug dan keamanan yang dikerjakan sejak rilis sebelumnya.

Pengguna Q4OS aktif dapat memperoleh pembaruan ini melalui manajer paket, sedangkan bagi yang ingin memasangnya di komputer lain, citra ISO dapat diunduh melalui q4os.org dengan dukungan arsitektur 64-bit dan 32-bit (PAE maupun non-PAE). Q4OS patut untuk dicoba karena memiliki perkakas ‘Desktop profiler’ untuk melakukan profiling komputer sesuai tujuannya, utilitas ‘Setup’ untuk memasang aplikasi pihak ketiga dengan mudah, dan ‘Welcome Screen’ yang membantu para pengguna pemula untuk mengonfigurasi sistem dengan lebih gampang.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top