Hardware

Purism Sukses Uji Plasma Mobile di Papan Pengembangan i.MX 6

Perusahaan yang selama ini menyediakan laptop dengan sistem operasi GNU/Linux, tahun kemarin mulai bereksperimen membangun perangkat ponsel. Dijuluki sebagai Librem 5, ponsel ini akan dilengkapi dengan sistem operasi maupun ekosistem yang dimaksudkan untuk menghargai kebebasan dan privasi pengguna—​mengikuti semangat FLOSS (Free/Libre Open Source Software).

Librem 5 dipastikan menggunakan sistem operasi PureOS, distribusi GNU/Linux berbasis Debian, dengan antar muka GNOME. Namun, mengingat Purism ingin menerapkan prinsip kebebasan layaknya desktop GNU/Linux pada umumnya, mereka bekerja sama dengan KDE dengan maksud memperkenankan Plasma Mobile dipasang dan berjalan dengan baik di Librem 5.

Eksperimen terus berlanjut. Kepala dokumentasi proyek Librem 5, Heather Ellsworth, mengutarakan bahwa mereka berhasil menjalankan Plasma Mobile di papan pengembangan (development board) i.MX 6 di atas sistem operasi berbasis Debian Testing, PureOS, dan di atas lingkungan Wayland.

Sebagai konsekuensi penggunaan Debian Testing, pengembang harus memasang beberapa paket aplikasi yang berhubungan dengan KDE dan Qt dan yang belum tersedia direpositori, termasuk kpeople-vcard, plasma-phone-components, dan plasma-settings.

“Setelah semua kebutuhan terpenuhi, menjalankan Plasma Mobile semudah mengeksekusi perintah $ kwin_wayland –drm plasma-phone,” tulis Heather.

Penuh tantangan

Menjalankan satu baris perintah tidak langsung dapat menjamin Plasma Mobile berjalan baik di papan pengembangan. Pengembang menemukan masalah pada layar serta kursor mouse yang tidak terlihat. Masalah terakhir terjadi pada driver DRM yang untuk sementara ini dapat diatasi dengan menekan tombol Ctrl+Super, lingkaran akan muncul pada lokasi mouse.

Anda jangan berasumsi, ponsel Librem 5 harus dioperasikan dengan kursor layaknya perangkat desktop (aneh benar jika seperti itu). Seperti yang dikatakan di atas, ini adalah eksperimen pada papan pengembangan yang menganggap Librem 5 sebagai “desktop” untuk memastikan semuanya berjalan sesuai yang diinginkan sebelum segala perilakunya diuji layaknya ponsel.

Purism Librem 5
Gambar 1. Eksperimen jaringan telepon di Librem 5 (puri.sm)

Selain menguji layar dan kinerja mouse, pengembang juga telah menerapkan dukungan kartu SIM. Untuk saat ini, ponsel sudah dapat mengenali kartu SIM dan dapat menampilkan kekuatan sinyal jaringan di bagian pojok kiri atas. Sayangnya, ia belum dapat dipakai untuk melakukan panggilan telepon. Namun, pengembang optimis, kemampuan standar berponsel ria akan siap tahun depan.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top