Hardware

Purism Mulai Kirim Perangkat Dev Kit Librem 5 ke Pendonor (Backer)

Kabar yang ditunggu-tunggu oleh penggemar ponsel besutan Purism tiba. Selama ini, Purism sibuk membangun ponselnya sendiri di luar ekosistem Android dan iOS. Librem 5, namanya. Ponsel yang memfokuskan pada perlindungan privasi dan kebebasan ini menerapkan teknologi FLOSS yang biasa kita temukan pada dunia GNU/Linux desktop.

Menginjak akhir tahun 2018, Purism akhirnya meluncurkan perangkat keras dev kit Librem 5. Ini bukan produk jadi lho, tetapi produk “mentah” yang dapat dimanfaatkan oleh pengembang internal dan eksternal untuk bereksperimen dengan calon ponsel Librem 5, terutama pada sisi perangkat keras. Purism mengaku, peluncuran perangkat dev kit ini bertujuan untuk mengumpulkan bantuan dari komunitas. “Masih ada banyak pengerjaan yang diperlukan untuk menjadikan dev kit benar-benar fungsional demi pengembangan Librem 5,” tuturnya.

Librem 5

Perangkat dev kit ini ditujukan untuk pendonor (backer) yang mengikuti penggalangan dana tahun 2017 lalu. Selain mendapatkan dev kit, mereka juga dipersilakan bergabung ke kanal Matrix khusus yang juga berisi pemilik dev kit. “Kanal (Matrix) ini akan diurus oleh tim engineer yang akan menjawab pertanyaan, bekerja dengan komunitas pada merge request, dan siaga untuk pengguna dev kit,” kata pengembang Librem 5.

Berdasarkan kabar itu, pemilik perangkat dev kit Librem 5 dapat mengoprek, mendiskusikan, kemudian berkontribusi langsung ke upstream Librem 5 demi ponsel yang fungsional. Ada beberapa masalah yang sudah tercatat di laman pelacak bug untuk segera diuji dan diperbaiki.

Menurut jadwal, 4 bulan lagi Purism akan menerbitkan Librem 5 untuk pertama kalinya.

Tahun 2019 bakal menjadi tahun yang menarik bagi pemerhati privasi dan keamanan pada ranah mobile. Librem 5 akan hadir sebagai ponsel dengan sistem operasi PureOS beserta antarmuka GNOME dan Plasma Mobile (varian, opsional).

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top