Berita

Purism Gaet Pengembang GNOME untuk Ikut Bangun Librem 5

Librem 5 ditargetkan menjadi ponsel pintar alternatif bagi para pengguna yang ingin menarik diri dari Google. Dibangun oleh Purism, perusahaan yang selama ini memasarkan perangkat laptop dan komputer dengan teknologi terbuka, Librem 5 akan memanfaatkan sistem operasi PureOS alih-alih sistem operasi berbasis AOSP.

Awal dibangun, PureOS sudah menggunakan GNOME sehingga otomatis Librem 5 juga akan menggunakan antar muka tersebut. Meski begitu, mereka tetap mendukung Plasma Mobile sebagai antar muka alternatif. Demi mematangkan dukungan GNOME, Purism mulai menggaet pengembang desktop environment tersebut sebagai tim pengembang Librem 5.

Librem 5
Gambar 1. Desain awal Librem 5 yang dipamerkan Purism (puri.sm)

Salah satunya desainer GNOME, Tobias Bernard. Melalui blog miliknya, Tobias merasa sangat senang dapat bergabung di Purism. Adalah hal menarik bekerja untuk sebuah perusahaan yang tidak hanya peduli pada kebebasan perangkat lunak, tetapi jugan memiliki Desain Etika sebagai prinsip intinya, tuturnya.

Tobias akan menjadi bagian dari tim desainer UI/UX Librem 5. Ketertarikan Tobias untuk bergabung di Purism salah satunya disebabkan oleh masa lalunya sebagai pengguna Firefox OS dan Ubuntu Touch. Dirinya menyebutkan, alih-alih menggunakan teknologi berbeda yang disandingkan dengan driver Android seperti kedua sistem operasi mobile di atas, Librem 5 akan menggunakan PureOS—​sebuah distribusi GNU/Linux berbasis Debian.

Ia bersama tim pengembang lainnya akan bertugas menerapkan responsivitas aplikasi upstream bawaan GNOME supaya dapat menyesuaikan resolusi ponsel. Pengaruh dari pengembangan Librem 5 adalah GNOME siap memiliki aplikasi untuk menelepon dan mengirim pesan. Dengan demikian, aplikasi tersebut dapat dinikmati di perangkat mobile maupun desktop.

Jika kamu tertarik ikut mendiskusikan desain GNOME di mobile, kamu dapat bergabung di kanal IRC #gnome-design.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top