Distro openSUSE

Proyek OpenSUSE Luncurkan OpenSUSE Leap 15 untuk Perangkat ARMv7

OpenSUSE Leap 15 adalah rilis yang sangat diantisipasi oleh pengguna loyalnya. Akhir bulan Mei 2018 lalu, rilis tersebut diumumkan kepada khalayak sebagai rilis termutakhir yang membenamkan banyak sekali fitur baru, termasuk fitur transactional update–pemutakhiran sistem ala atomic.

openSUSE

Diluncurkan pertama kali, openSUSE Leap 15 belum mendukung banyak arsitektur. Namun hari ini, mereka menghadirkan citra yang mendukung perangkat Raspberry Pi maupun ARMv7. “OpenSUSE mendukung banyak papan arm yang memperkenankan pengembang membangun. OpenSUSE menyediakan pengembang beragam perkakas untuk memulai, menjalankan, dan menumbuhkan proyek pada perangkat mikro ke perangkat keras besar,” Douglas DeMaio menyampaikannya dua hari lalu (14/6).

Dengan dukungan perangkat mikro ini, openSUSE Leap 15 resmi mendukung papan Raspberry Pi, Arndale, Beagle Boards, CuBox-i, OlinuXino, dll, yang dapat diunduh langsung melalui download.opensuse.org.

Salah satu hal menarik dari openSUSE Leap 15 adalah dukungan proses migrasi ke versi SUSE Linux Enterprise (SLE) 15 yang lebih mudah. Ini adalah keuntungan yang diperoleh dari SLE 15 dan openSUSE Leap 15 yang saling berbagi komponen inti sistem operasi. Oleh sebab itu, pengguna openSUSE Leap 15 ARM yang tertarik untuk mengalihkan sistemnya ke SLE 15 terjamin mudah dan nyaman, meskipun untuk arsitektur ini SLE 15 baru mendukung perangkat Raspberry Pi 3.

Salah satu implementasi openSUSE Leap di perangkat mikro adalah perangkat tertanam GNU Health.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top