Berita

Proyek OpenSUSE Khusus Edukasi, OpenSUSE-Education Terancam Mati

OpenSUSE, distribusi GNU/Linux asal Jerman berlogo “kadal hijau”, merupakan salah satu distribusi yang menyediakan varian khusus pendidikan: openSUSE-Education. Selama ini, proyek openSUSE-Education menyediakan repositori tambahan yang membawa perangkat lunak untuk lingkungan pendidikan yang dibenamkan ke dalam DVD live sebagai media instalasi maupun media live biasa dengan sebutan openSUSE-Edu Li-f-e (Linux for Education).

openSUSE

Walaupun proyek keren, sudah cukup lama pengembang tidak melakukan pembaruan berarti. Kabar terkini, DVD live openSUSE-Education dirilis dengan basis sistem openSUSE 13.1. Sejak saat itu, pengembang terus berusaha memperbarui paket-paket (dari keterangan pengembang lebih dari 460 paket), tetapi anggota tim semakin menyusut dan lebih memilih pindah ke proyek lain.

“…​ kami tidak dapat menemukan relawan satupun untuk mengambil alih pemeliharaan laman kami (yang akan mati bulan ini),” terang Lars Vogdt.

Berdasarkan keterangan Lars via news.opensuse.org, proyek openSUSE-Education besar kemungkinan akan ditutup kecuali jika ada orang yang berminat terus memelihara repositori Education.

“Ketika kami masih mengerjakan paket-paket pada repositori Education, berdasarkan waktu kami, kontributor baru sangat disambut untuk mengambil alih proyek openSUSE-Education dan membentuknya sesuai keinginan mereka. Para pengembang lawas akan dengan senang hati membantu relawan baru saat dibutuhkan,” jelasnya.

Apabila sampai peluncuran openSUSE Leap 15.0 atau sekitar bulan Mei 2018 tidak ada perkembangan berarti pada openSUSE-Education, pengembang akan meminta dewan openSUSE untuk mencabut openSUSE-Education dari proyek distribusi GNU/Linux ini.

Bagi Anda yang berminat berkontribusi ke openSUSE-Education sebelum ia benar-benar dicap mati, silakan kunjungi tautan ini.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top