Devuan Distro

Proyek Debian Tanpa Systemd, Devuan 2.0 ASCII Beta Diluncurkan

Tim Devuan mengumumkan debut pra-rilis Devuan 2.0 Beta. Devuan adalah distribusi GNU/Linux berbasis Debian yang berjalan di atas sistem init SysV, bukan systemd seperti pada Debian.

Devuan

Devuan merupakan proyek distribusi terheboh yang diperkenalkan tahun kemarin. Rilis pertama, Devuan 1.0, dikembangkan dengan basis Debian 8 Jessie dan merupakan rilis yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar Debian pra-systemd.

Masih konsisten untuk tidak menerapkan systemd dengan tetap memberikan pengalaman desktop kekinian, Devuan 2.0 Beta menyediakan dukungan OpenRC yang dapat dipasang melalui jalur instal expert serta mengganti systemd-udev dengan eudev. Di rilis pertama, Devuan hanya menyediakan ConsoleKit sebagai perkakas pengelola sesi login user, di pra-rilis Devuan 2.0 ini pengembang menyertakan elogind sebagai alternatif perkakas tersebut.

Devuan 2.0 Beta juga memperkenankan pengguna desktop untuk menggunakan desktop environment KDE, Cinnamon, MATE, LXQt, LXDE, dan Xfce (desktop bawaan), memperbarui kernel ke 4.15 untuk perangkat ARM, dan menyediakan citra untuk mesin virtual (.vdi).

Devuan 2.0 berbasis Debian Stretch

Devuan 2.0 dijuluki dengan nama kode ASCII yang dibangun di atas sistem Debian 8 Stretch. Jika Anda penasaran dengan waktu rilis final Devuan 2.0 ASCII Devuan 2.0 baru akan hadir jika memang sudah benar-benar siap.

“Walaupun Devuan 2.0 ASCII Beta sudah menenagai ribuan server dan desktop selama dua tahun terakhir dan secara ekstensif diuji oleh komunitas Devuan, ia dirilis sebagai beta karena Devuan menghormati keterlibatan dan umpan balik (pengguna),” kata pengembang.

“Jadi kami ingin lebih menguji secara ekstensif Devuan 2.0 ASCII Beta untuk mengonfirmasi (moto) ‘jika sudah siap’ guna dijuluki dengan rilis Stabil.”

Untuk mencoba Devuan 2.0 ASCII Beta, silakan unduh citranya melalui repositori ini

Untuk memutakhirkan Devuan 1.0 Anda ke pra-rilis ini, silakan ikuti tutorialnya di devuan.org.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top