BSD

Proses Peningkatan ke Qt 5.10 Masih Berjalan, Porta FreeBSD Bawa KDE Plasma 5.12.5

Perkembangan dukungan KDE Plasma pada FreeBSD adalah salah satu hal menarik yang selalu patut disimak. Selama empat tahun terakhir, FreeBSD hanya menyediakan KDE4 meskipun KDE Plasma 5 sudah diperkenalkan pada tahun 2014. Jelas, kehadiran rilis seri termutakhir tersebut sangat ditunggu-tunggu oleh pengguna di saat mayoritas pengguna GNU/Linux sudah memakainya sehari-hari.

Para penggawa dukungan KDE Plasma di FreeBSD adalah Tobias C. Berner, Jason E. Hale, Raphael Kubo da Costa, Gleb Popov, serta yang paling rajin mengabarkan perkembangan pekerjaan mereka: Adriaan de Groot.

Menurut laporan terkini Adriaan de Groot, mereka masih menggunakan Qt 5.9 demi mendukung WebEngine. Dari keterangan pos tersebut, WebEngine terlihat menjadi penghambat proses peningkatan dukungan ke Qt 5.10. Sementara itu, dukungan Qt 5.10 semakin hari semakin meningkat, walau perlahan.

KDE Plasma di FreeBSD
Gambar 1. KDE Plasma di FreeBSD (kde.org)

Pekerjaan rumah Groot dkk tidak berhenti pada peningkatan versi Qt, mereka harus membenamkan rilis terbaru KDE Frameworks yang sempat tertinggal. “Sebenarnya, hari ini terdapat stack perangkat lunak KDE di porta FreeBSD yang membutuhkan waktu lama untuk diperbarui karena kami perlu menjalankan exp-runs.”

Meskipun KDE Plasma 5.13 sudah siap dipakai, FreeBSD tetap bertahan di rilis LTS 5.12.5, dengan Qt 5.10.1, KDE Applications 18.04.1, dan KDE Frameworks 5.46.0. Di samping itu, mereka juga membenamkan Kdevelop 5.2.1, Digikam 5.9.0, dan KDE lawas 4.14.3.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top