Berita

Private Internet Access Mulai Alihkan Aplikasi Klien, Pustaka, dan Ekstensi Sebagai FLOSS

Nama PIA atau Private Internet Access bukanlah hal asing di dunia perangkat lunak bebas/merdeka dan terbuka. Ia merupakan layanan Virtual Private Network yang didirikan oleh London Trust Media, Inc dan merupakan salah satu perusahaan yang mensponsori beragam proyek FLOSS; dari perangkat lunak “biasa” sampai distribusi GNU/Linux, maupun organisasi nirlaba yang bergerak di bidang privasi dan kemerdekaan.

PIA

Seperti yang bisa Anda lihat pada laman ini, PIA adalah sponsor dari organisasi EFF, Software Freedom Conservancy, GNOME, KDE, Blender, Krita, SeaMonkey, Inkscape, UBports, Linux Mint, Arch Linux, WireGuard, Let’s Encrypt, dll.

Meskipun PIA adalah pendukung FLOSS, selama ini perangkat lunak dari layanan VPN tersebut, terutama pada aplikasi kliennya, bukanlah aplikasi FLOSS. Tanggal 15 Maret kemarin, “keanehan” tersebut diputus, PIA mengumumkan bahwa mereka mulai mengalihkan aplikasi buatannya menjadi aplikasi open-source.

“Kami sangat berterima kasih kepada komunitas Perangkat Lunak Bebas dan Open Source telah menjadi pondasi internet yang seperti kita ketahui sekarang. Dan meski kami terlambat mengikuti pesta tersebut, kami menanti untuk melanjutkan pekerjaan kita bersama gerakan yang selaras dengan tekad kami, baik di ranah personal maupun profesional,” kata Christel Dahlskjaer, Events and Community Outreach PIA.

Tidak hanyak aplikasi klien yang mereka alihkan sebagai proyek FLOSS, PIA juga mengalihkan pustaka dan ekstensi-ekstensi pendukungnya. Untuk saat ini, mereka sudah meluncurkan source code ekstensi Chrome di repositori kode Github. Perangkat lunak lain akan menyusul kemudian.

Menurut rencana, proses peralihan perangkat lunak dari PIA ke FLOSS ini akan selesai enam bulan ke depan.

Jika Anda tertarik berkontribusi ke PIA, Anda dapat memulainya dengan mengunjungi tautan ini. PIA akan dengan senang hati menerima permintaan fitur, laporan bug, perbaikan, dsb.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on “Private Internet Access Mulai Alihkan Aplikasi Klien, Pustaka, dan Ekstensi Sebagai FLOSS

  1. anan234 says:

    oh ini yang menjadi sponsor dari Linux Mint itu ya? sip sip (y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top