Kernel

Prarilis Normal Tak Bermasalah, Kernel Linux 4.18-RC4 Meluncur

Tujuh pekan calon rilis mayor kernel Linux digodok sematang-matangnya. Calon rilis yang ditandai dengan kehadiran RC (Kandidat Rilis) setiap pekan memperkenalkan fitur-fitur baru yang sudah dikirimkan oleh pengembang kernel selama masa merge window.

Kabar Linux

Pekan ini, giliran kandidat rilis keempat Linux 4.18 yang hadir dan siap diuji oleh komunitas. Linus Torvalds menyebut prarilis ini sebagai rilis normal dan kemajuan solid menuju rilis final. Dalam pengembangan perangkat lunak, sesuatu yang normal dan seringnya membosankan adalah hal bagus daripada drama-drama yang muncul darinya. Yang berarti, pengembangan sesuai rencana tidak ada hambatan serius.

Linux 4.18-rc4 hadir dengan separuh pembaruan pada driver. Kode pembaruan GPU dan jaringan menjadi yang terbesar disusul dengan pembaruan yang cukup merata pada driver SCSI, PCI, ACPI, manajemen power, dan dmaengine.

Di luar driver, Linux 4.18-rc4 juga membenamkan pembaruan sistem berkas EXT4 dan CIFS, kode inti penjadwalan, dan pembaruan arsitektur x86, RISCV, dsb. Seperti biasa, tarball kernel dapat diunduh melalui www.kernel.org. Bagi pengguna Ubuntu, mereka dapat mencicipi prarilis kernel melalui Ubuntu Kernel Mainline. Lebih gampang jika Anda memanfaatkan perkakas UKUU (Ubuntu Kernel Update Utility).

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top