Distro

Pra-rilis Endless OS 3.4 Beta Hadir, Sudah Dapat Dicoba

Endless saat ini masih mengerjakan rilis mayor Endless OS 3.4. Rilis ini bakal menjadi rilis besar karena banyak fitur anyar yang dimasukkan, termasuk fitur-fitur yang dibawa oleh GNOME 3.26 (Endless OS 3.4 memang membenamkan GNOME 3.26 alih-alih 3.28).

Seminggu lalu, Michael Hall dari Endless meluncurkan pra-rilis Endless OS 3.4 Beta. Ini adalah pra-rilis terkini yang siap diuji dan dicoba oleh kontributor. Sebelum ikut mencoba pra-rilis ini, alangkah baiknya kita melihat perubahan apa saja yang dibenamkan di sini.

Endless OS

Berdasarkan keterangan Michael Hall di forum komunitas Endless OS, selain meningkatkan GNOME ke versi 3.26, Endless OS 3.4 juga memindah ikon System Tray ke panel bawah, menambahkan fitur untuk mengatur jadwal pembaruan sesuai dengan keinginan penguna, membenamkan pengolah dokumen LibreOffice 6, dan mendukung perangkat keras dengan lebih baik. Fitur terakhir memanfaatkan kernel Linux 4.15. Selain itu, Endless OS 3.4 juga memperbaiki 264 bug.

Salah satu hal keren lain yang bakal dibenamkan di sini adalah wallpaper berciri khas Indonesia yang sempat dikonteskan beberapa waktu lalu.

Untuk ikut menguji Endless OS 3.4 Beta, pastikan Endless OS yang kamu pakai sudah membawa paket terkini (silakan perbarui dulu jika belum terkini). Kemudian buka Terminal dan ubah kanal sistem operasi kamu ke kanal Beta atau demo dengan perintah sudo eos-stage-ostree demo. Untuk mengembalikan ke kanal stabil cukup jalankan sudo eos-stage-ostree prod. Detail caranya dapat kamu baca di pos yang ditulis oleh duta Endless Indonesia ini.

Sepertinya perlu menunggu beberapa pekan lagi sebelum Endless OS 3.4 masuk versi final.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top