Free Software Open Source Software

Pinguy Builder 5.0 Siap Dipakai untuk Bangun Distro Berbasis Ubuntu 18.04 LTS

Pengembang Pinguy Builder tidak ke mana-mana. Ia masih tetap mengembangkan perangkat lunak untuk membangun remasteran distribusi Ubuntu dan varian-variannya. Pinguy Builder dikembangkan oleh Antoni Norman, orang yang sama yang membangun distribusi Pinguy OS.

Perangkat lunak yang dikembangkan pertama kali dengan basis Remastersys ini menginjak rilis anyar 5.0. Kini, Pinguy Builder mendukung versi-versi terkini Ubuntu, yang terdiri dari Ubuntu 17.04 Zesty Zapus, Ubuntu 17.10 Artful Aardvark, dan Ubuntu 18.04 Bionic Beaver. Seperti yang sempat saya singgung di atas, dukungan distribusi tidak hanya berhenti pada Ubuntu, tetapi juga varianya (flavors) yang terdiri dari Lubuntu, Xubuntu, Ubuntu MATE, Ubuntu Budgie, Kubuntu, dsb.

Pinguy Builder

Pinguy Builder dapat digunakan untuk mencadangkan sistem operasi, di samping tugas kuliah untuk membuat remaster Ubuntu. Hadirnya dukungan Ubuntu 18.04 LTS di sini menandakan, kamu dapat bersiap-siap mencadangkan sistem Ubuntu 18.04 pasca memutakhirkannya pada tanggal 26 April (waktu rilis 18.04) atau setelahnya untuk kemudian dipasang di komputer lain dengan konfigurasi yang sama seperti sistem yang kamu cadangkan.

Pasang Pinguy Builder 5.0

Untuk memasang Pinguy Builder 5.0, sila kunjungi repositori di SourceForge, dan unduh berkas pinguybuilder_5.0-1_all.deb menggunakan peramban atau perkakas pengunduh CLI/GUI. Lalu jalankan:

$ sudo dpkg -i pinguybuilder_5.0-1_all.deb
$ sudo apt-get install -f

Untuk mencopot instalasi, jalankan:

$ sudo apt-get purge pinguybuilder

Pinguy Builder merupakan salah satu dari beragam perangkat lunak serupa. Namun, dibandingkan lainnya, Pinguy Builder memiliki beberapa keunggulan, yang mencakup dukungan EFI dan dukungan partisi EFI pada citra ISO hasil building perkakas ini serta penggunaan kompresi XZ untuk menghasilkan ISO yang lebih mini.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

3 comments on “Pinguy Builder 5.0 Siap Dipakai untuk Bangun Distro Berbasis Ubuntu 18.04 LTS

  1. Moch Boval says:

    Terakhir dicoba remaster-nya berhasil tapi gak ada installer-nya, wkwk. Ditunggu tutornya di masa depan 🙂

    1. eFreeThinx says:

      installer itu tidak ikut dipasang saat install OS
      jadi harus dipasang dulu sebelum remaster, misal pakai ubiquity

  2. septian says:

    saya sudah remater tetapi tidak muncul iso nya gimana yah,saya menggunakan ubuntu 18.04

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top