Distro Ubuntu

Pertahankan Ikon Desktop, Ubuntu 18.10 Tetap Gunakan Nautilus 3.26

Ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish terus digarap demi mengejar bulan rilis pada Oktober 2018 mendatang. Ubuntu 18.10 digadang-gadang menyertakan banyak pembaruan yang bakal semakin memanjakan dan menyenangkan komunitas pengguna.

Manajer berkas bawaan Ubuntu adalah Nautilus dan seperti yang kita ketahui, Nautilus 3.26 merupakan rilis terakhir yang mendukung fitur standar ikon desktop. Mulai versi 3.28, Nautilus resmi menghapus dukungan ikon desktop, yang berarti semua distribusi GNU/Linux yang menggunakan desktop GNOME dengan manajer berkas Nautilus dipastikan tidak dapat membuat ikon di desktop.

Ubuntu Cosmic Cuttlefish

Pada bulan April 2018, Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver membenamkan GNOME 3.28 tetapi demi tetap mendukung ikon desktop, pengembang mempertahankan Nautilus 3.26. Bagaimana dengan 18.10 nanti? Meskipun menggunakan GNOME 3.30, mereka tetap mempertahankan Nautilus 3.26.

Dengan fakta tersebut, pengguna Ubuntu tak perlu takut kehilangan fitur ikon desktop. Aman …​. Meskipun demikian, di balik itu, pengguna harus “merelakan” untuk tidak mencicipi pembaruan pada Nautilus 3.30, termasuk bilah breadcumb yang lebih segar, fitur pencarian berkas yang semakin cepat, logika pengubahan ukuran ikon yang lebih cerdas, dll.

Tertarik mencoba Ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish? Silakan unduh citra ISO-nya melalui cdimage.ubuntu.com. Sebagai catatan, ISO tersebut tidak cocok dipakai di mesin produksi, hanya cocok untuk coba-coba.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top