Free Software Open Source Software

Perkenalkan Tema Ikon Karasa Jaga, LibreOffice 6.1 Akhirnya Meluncur

Anda menunggu-nunggu kehadiran LibreOffice 6.1? Cocok dan tepat sekali. Kemarin, organisasi The Document Foundation resmi mengumumkan ketersediaan versi final LibreOffice 6.1. Berbeda dari seri 6.0.x, 6.1 merupakan rilis mayor yang dipastikan membawa beragam fitur anyar yang menarik.

Dikembangkan selama beberapa bulan, fitur-fitur asyik diperkenalkan, termasuk peningkatan dukungan tautan, tabel, gambar, fon tertanam, catatan kaki pada berkas EPUB selain itu juga pada menu LibreOffice Draw yang kini memiliki menu anyar, Page. Menu anyar ini hadir untuk meningkatkan konsistensi pengalaman pengguna (UX) pada beragam modul.

Yang lain? LibreOffice 6.1 telah memutakhirkan LibreOffice Base yang kini menggunakan mesin basis data Firebird menggantikan mesin HSQLDB yang sudah diusangkan sebelumnya. Walau begitu, HSQLDB masih tersedia jika pengguna masih ingin memanfaatkannya. “Pengguna didorong untuk memigrasikan berkas menggunakan (perkakas) pembantu migrasi dari HSQLDB ke Firebird,” katanya.

Di kala bosan dengan tampilan yang begitu-begitu saja, pengguna diberikan banyak pilihan tema ikon. Rilis ini memperkenalkan tema ikon Colibre yang menerapkan panduan desain dari Microsoft sehingga sangat cocok dipakai di lingkungan Windows. Selain itu, LibreOffice 6.1 juga memperkenalkan tema ikon Karasa Jaga. Tema yang terakhir disebut dibangun oleh Rizal Muttaqin yang sebelumnya tersedia di distribusi Sundara OS. Ia dibangun terinspirasi dari Oxygen.

Pembaruan lain yang tak kalah menarik adalah kamus Bahasa Indonesia.

Karasa Jaga dan Colibre
Gambar 1. Tema ikon baru

Bila belum tersedia di repositori GNU/Linux Anda, LibreOffice 6.1 tetap dapat diunduh dalam bentuk DEB, RPM, atau tarball melalui libreoffice.org. Umumnya, pengembang akan menerbitkan berkas executable AppImage tidak lama dari waktu rilis sehingga cocok untuk pengguna yang tidak sabar ingin menikmati kesegaran 6.1. Ikuti artikel ini jika ingin mencicipi AppImage LibreOffice.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on “Perkenalkan Tema Ikon Karasa Jaga, LibreOffice 6.1 Akhirnya Meluncur

  1. se7entime says:

    tambahan min, buat yg mau icip2 versi terbaru LO bisa juga mendapatkan lewat “Flathub” https://flathub.org/apps/details/org.libreoffice.LibreOffice

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top