Distro Ubuntu

Perkakas Welcome Screen untuk Bantu Pengguna Baru di Ubuntu 18.04 LTS

Menurut jadwal, tanggal 26 April adalah waktu rilis final Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver — menurut waktu Indonesia berarti besok ini. Bakal banyak fitur segar di rilis LTS bermaskot berang-berang tersebut, dari perubahan display server utama ke X (oke, ini bukanlah fitur segar), opsi instalasi minimal pada Ubiquity, sampai pembaruan-pembaruan paket aplikasi.

Ada satu hal segar lain pada Ubuntu 18.04 LTS yang selama ini belum kami sampaikan, yakni Welcome Screen. Welcome Screen merupakan dialog yang muncul beberapa saat setelah kita berhasil memasang distribusi GNU/Linux. Welcome Screen biasa menampilkan beberapa tombol shortcut untuk mengatur beberapa komponen sistem operasi.

Ubuntu Welcome Screen
Gambar 1. Welcome Screen pada Ubuntu 18.04 LTS (Softpedia)

Selama ini, Ubuntu tidak membawa perkakas Welcome Screen, sehingga tentu kehadirannya di rilis Ubuntu 18.04 LTS merupakan hal yang sangat menarik. Welcome Screen yang dibenamkan pada Ubuntu 18.04 LTS akan membantu pengguna untuk memahami antar muka Ubuntu dan untuk mengganti pengaturan pada komponen tertentu.

Saat pengguna berhasil memasang Ubuntu 18.04 LTS dari citra ISO atau dari pemutakhiran Ubuntu 17.10, mereka akan disuguhi dengan tampilan What’s new in Ubuntu ditambah tangkapan layar desktop. Saat pengguna mengklik next, dialog pengaturan Canonical Livepatch akan muncul. Untuk menggunakannya diperlukan akun Ubuntu SSO. Sebagai informasi, Canonical Livepatch adalah fitur untuk memperbarui kernel tanpa perlu memulai ulang (restart) sistem operasi.

Setelah dialog Canonical Livepatch, Welcome Screen akan memunculkan dialog pengoleksi data pengguna. Fitur ini ditujukan untuk meningkatkan sistem Ubuntu di masa mendatang. Ia akan aktif secara bawaan sehingga jika pengguna alergi mengirimkan data anonim mereka kepada Canonical, mereka dapat menonaktifkan fitur tersebut saat itu juga. Dialog terakhir adalah dialog promosi aplikasi-aplikasi yang dapat dipasang di Ubuntu.

Tidak sabar menunggu Ubuntu 18.04 LTS?

Menghitung jam …​ tik tok tik tok.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on “Perkakas Welcome Screen untuk Bantu Pengguna Baru di Ubuntu 18.04 LTS

  1. Iky says:

    Udh gk sabar nih pengen nyicipin 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top