Distro

Peppermint 9 Respin Perbarui Peppermint Settings Panel, Sediakan Paket-paket Baru

Mendekati akhir tahun, Mark Greaves meluncurkan Peppermint 9 Respin. Peppermint merupakan distribusi GNU/Linux berbasis Ubuntu yang dibangun dengan pengalaman web-centric seperti Google Chrome OS. Peppermint 9 sudah hadir bulan Juni 2018 lalu, Respin adalah versi pembaruan yang mengikuti pembaruan Ubuntu 18.04 LTS.

Banyak sekali pembaruan yang dibenamkan pada Peppermint 9 Respin, beberapa yang menonjol adalah penggantian pemutar media bawaan dari VLC ke Xplayer karena banyak pengguna merasa VLC sedikit bermasalah pada rilis-rilis terkini, peningkatan kernel ke 4.15.0-43, peramban Firefox ke 64.0, dan mintinstall ke 4.6.7.

Pembaruan juga terjadi pada penambahan utilitas Accessibility Settings, penambahan utilitas Enable/disable Neofetch, dan penambahan utilitas System Information pada Pappermint Settings Panel. Selain itu, penambahan fitur setelan wallpaper transparan, penonaktifan Switch windows using the mouse wheel pada panel Windows Button, dan penonaktifan Show frame pada Notification Area ada di sini.

Peppermint

Tak ketinggalan, Peppermint 9 Respin meningkatkan dukungan driver nirkabel (wireless), menambahkan dukungan mount volume terenkripsi LUKS, menambahkan dukungan layar sentuh/tablet Wacom, serta membenamkan paket-paket anyar; build-essential, rename, cups-browsed, pmount, dan ntp.

Peppermint masih menyediakan versi ISO 32-bit meskipun sang “induk” (Ubuntu) sudah tidak menyediakannya. Mark Greaves menyatakan, selama Ubuntu masih mendukung paket-paket aplikasi 32-bit di repositorinya, Peppermint masih akan tetap menghadirkan ISO 32-bit. “Rencananya adalah melanjutkan dukungan 32bit (selama mungkin), tetapi jika upstream (Ubuntu) mulai menghapus paket-paket 32bit dari repo kami takut tidak dapat melakukannya lagi,” kata Greaves menanggapi komentar seorang pengguna.

Pengguna Peppermint 9 dapat menjalankan pembaruan lewat manajer paket untuk memperoleh 9 Respin, sedangkan pengguna Peppermint 8 harus melakukan instal ulang untuk memasang Peppermint 9 Respin yang ISO-nya dapat diunduh melalui peppermintos.com.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top