Distro Ubuntu

Penuh Pembaruan, Ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish Diluncurkan

Sudah lama ditunggu. Canonical sebagai penanggung jawab peluncuran distribusi Ubuntu belum lama ini meluncurkan rilis-paling-diantisipasi Ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish. “Cosmic Cuttlefish” adalah nama kode Ubuntu lanjutan dari Ubuntu 18.04 Bionic Beaver—​ia terurut sesuai alfabet.

Will Cooke dalam pengumuman rilisnya menulis, “Cosmic Cuttlefish telah hadir. Ubuntu 18.10 meluncur dan merepresentasikan langkah awal perjalanan menuju LTS berikutnya pada April 2020. Rilis Ubuntu hadir dengan 9 bulan dukungan dan membawa pembaruan terkini pada stack GNOME, peningkatan pengalaman (penggunaan) snap pada desktop, dan beberapa fitur baru dan peningkatan usabilitas, serta tema baru segar yang dibangun komunitas pengembang Yaru yang mantap.”

Wallpaper Ubuntu 18.10

Bukan hal mengherankan jika saya menyebutnya sebagai “rilis-paling-diantisipasi” karena, seperti yang disampaikan Will Cooke di atas, Cosmic Cuttlefish adalah pijakan awal menuju Ubuntu 20.04 LTS. Ubuntu 20.04 LTS bisa jadi adalah rilis LTS pertama yang akan membenamkan Wayland sebagai display server utama, siapa tahu, to? Eit …​ tetapi Anda tidak perlu menunggunya karena itu masih dua tahun lagi. Cukup nikmati dahulu yang sudah ada.

Yang segar di Ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish

Ubuntu 18.10 membenamkan GNOME 3.30, rilis terkini desktop environment GNOME yang hadir bulan September 2018 lalu. Beberapa pembaruan termasuk pada dukungan Flatpak dan fitur berbagi layar yang hadir di GNOME 3.30 Almeria, secara otomatis diperkenalkan di Ubuntu. Tak hanya itu, Ubuntu 18.10 akhirnya membenamkan ikon dan tema baru yang sebenarnya digadang-gadang diperkenalkan di 18.04. Communitheme, nama tema gres untuk Ubuntu yang dibangun oleh komunitas Yaru.

Ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish juga dijamin lebih hemat baterai setelah Canonical menerapkan workaround untuk menghemat daya baterai, mengikuti Fedora pada rilis Fedora 28. Canonical memanfaatkan opsi-opsi pada kernel Linux untuk mengaktifnonaktifkan HDD controller, USB controller, dll sehingga daya yang dikonsumsi lebih sedikit. Dukungan perangkat keras pada rilis ini juga semakin banyak setelah mereka membenamkan kernel Linux 4.18.

Pembaruan lain yang tidak kalah menarik untuk disorot adalah waktu mulai aplikasi Snap yang lebih cepat, dukungan pemindai sidik jari, instalasi yang lebih cepat dengan algoritma kempresi zstd, Ubuntu Software yang mampu menghapus dependensi saat proses pembongkaran aplikasi, dll.

Untuk memutakhirkan Ubuntu 18.04 ke 18.10, Anda dapat menggunakan perkakas Software & Updates. Pilih tab Updates, cari bagian Notify me of a new Ubuntu version lalu ubah For long-term support versions menjadi For any new version. Berikutnya Ubuntu akan menampilkan notifikasi jika Anda ingin memutakhirkannya ke 18.10.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on “Penuh Pembaruan, Ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish Diluncurkan

  1. Jason says:

    Sepertinya menarik untuk dicoba, sambil menunggu versi LTS nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top