Distro Slackware

Pengguna Slackware-current Peroleh KDE Plasma 5.11.5 dan KDE Applications 17.12.1

Bagi Anda pengguna Slackware-current, Eric Hameleers alias alienBOB, kontributor aktif distribusi sepuh Slackware, telah meluncurkan pembaruan KDE Plasma 5.11.5.

Slackware

Eric mempunyai repositori yang berisi paket-paket aplikasi binary, dapat dipakai oleh pengguna yang tidak ingin repot-repot mengompilasi aplikasi. Salah satu repositori spesial yang disediakan adalah repositori ‘ktown’–repositori khusus paket-paket KDE, termasuk desktop KDE Plasma. Sejak peluncuran pembaruan beberapa bulan yang lalu, Eric mulai menghapus dukungan kanal stabil Slackware 14.2 dan hanya fokus pada kanal pengembangan Slackware-current. Oleh sebab itu, pembaruan kali ini hanya dapat dipasang oleh pengguna Slackware-current.

Pembaruan repositori yang dimaksud dalam kabar ini, KDE-5_18.01, membawa KDE Plasma 5.11.5 yang disandingkan dengan KDE Frameworks 5.42.0 dan KDE Applications 17.12.1. “Semuanya berbasis Qt 5.9.3 dan eksklusif untuk Slackware-current karena yang seperti saya jelaskan sebelumnya, saya berhenti menyediakan pembaruan Plasma 4 untuk Slackware 14.1,” ujar Eric. Di samping itu, aplikasi digiKam, Krita, KStars, Partition Manager, dan Kdevelop juga memperoleh pembaruan.

Di luar dunia KDE, Eric juga menyediakan Wine 2.21 (Wine 3.0 masih dalam proses pemaketan), Chromium 63.0.3239.132, Lumina 1.4.0.p1, Pale Moon 27.7.1, dll.

Ada dua kanal yang disediakan, kanal latest dan testing. Jika Anda menggunakan Slackware sebagai platform produksi, disarankan menggunakan latest. Testing hanya dipakai untuk Anda yang ingin ikut menguji aplikasi.

Jika Anda tertarik memperbarui lingkungan Slackware Anda dengan paket-paket tersebut, silakan ikuti tata cara pemutakhiran lewat berkas README. Repositori lokal dapat diintip di repositori UKDW.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top