Free Software Open Source Software

Pengembangan Ridon 8.1 Dimulai, Berikut Bocoran Tampilan Awalnya

Proyek Ridon, sistem operasi mobile lokal yang disponsori oleh BEKRAF dan CloudKilat, kali ini mulai sibuk mengembangkan versi 8.1. Ridon terakhir kali menghadirkan pembaruan pada bulan April 2018 lalu setelah mereka meningkatkan versi 7.1.2-r29 ke 7.1.2-r36 pada akhir tahun 2017.

Ridon 8.1 kemungkinan membawa pembaruan yang cukup besar. Jika dilihat pada daftar komit ini, total komit menuju 8.1 ada 600 lebih. Jumlah komit tersebut sebagian besar adalah komit dari LineageOS—​sistem dasar yang dipakai oleh proyek Ridon. Pengembangan Ridon 8.1 dimulai pada bulan September 2018 dan akan terus berlanjut hingga rilis final.

Pengembang menyampaikan, selain sisi teknis Ridon yang meningkat, mereka juga memperbarui bagian nonteknis. Logo baru yang gres, menanggalkan logo separuh kepala dengan “kumis pak radennya”. Logo Ridon anyar tersebut akan menggambarkan kepala robot berwarna kuning dengan warna biru pada beberapa sisi dan tulisan besar “Ridon” yang futuristik.

Berikut video bocoran proses booting Ridon dengan logo anyar:

Proyek Ridon juga bakal semakin ramai dengan pengembang baru. Beberapa perusahaan digadang-gadang menaruh minat pada proyek sistem operasi mobile FLOSS ini dan akan menjadi sponsor baru. Tidak berhenti di situ, desas-desus manajer rilis anyar untuk memimpin pengembangan Ridon juga terhembus. Bagi yang tertarik berkontribusi ke Ridon, tidak lama lagi mereka akan mengumumkan ranah-ranah mana saja yang memerlukan tenaga komunitas guna melengkapi ekosistem Ridon.

Bocoran Ridon 8.1

Ridon 8.1 yang berjalan di perangkat Xiaomi MI4I ini menampilkan ikon-ikon aplikasi yang semakin segar membentuk lingkaran bergaya flat, berbeda dari seri sebelumnya yang ikon-ikonnya berbentuk kotak.

Ridon

Ridon

Ridon

Jika Anda tertarik dengan Ridon, citra Ridon 7.x dapat diunduh langsung melalui http://ridon.id, citra untuk ponsel OnePlus One, Nexus 5x, Moto G, Xiaomi MI4I dan citra-citra lain.

Terima kasih kepada pengembang atas bocoran tangkapan layarnya!

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

4 comments on “Pengembangan Ridon 8.1 Dimulai, Berikut Bocoran Tampilan Awalnya

  1. Arief Firdhaus says:

    Proyek ini sepertinya lebih mengarah ke ROM baru daripada OS mobile baru. karena melihat dari basis yang digunakan LineageOS(Android). 😃 Let’s see..

  2. se7entime says:

    “Ridon is mobile operating system built on top of Replicant, CyanogenMod (LineageOS) and Android Open Source Project. Ridon is part of BlankOn Project.”

    Buat yg bingung Ridon itu apa sebenernya…

  3. ajib says:

    bagusan logo ridon pak raden, gaya khas indonesia
    kalo bisa konten budaya seperti motif batik/warnanya atau sejenisnya dimasukin sih buat promosi “beautiful indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top