BSD

Pengembang Siap Masukkan Port KDE Plasma 5 ke FreeBSD

Memperhatikan FreeBSD, sistem operasi BSD ini tidak hanya untuk server tetapi juga untuk desktop. Beragam desktop environment didukungnya meskipun jika dibandingkan dengan distribusi GNU/Linux, desktop-desktop yang disediakan FreeBSD relatif lawas.

KDE Plasma di FreeBSD

Salah satu desktop environment yang dimaksud adalah KDE. Sudah cukup lama KDE Plasma 5 “berkeliaran” di dunia sistem operasi FLOSS, tetapi FreeBSD masih menyediakan KDE 4 yang dapat dipasang melalui port x11/kde4 atau melalui pkg install kde. Tenang, bagi Anda yang mengharapkan desktop KDE Plasma 5 di FreeBSD, pengembang telah mengolah port desktop tersebut dalam proyek bernama Area51.

Saat ini, pengembang FreeBSD tengah mempersiapkan masuknya port KDE Plasma ke repositori sistem operasi. Berdasarkan laporan Andriaan de Groot, pengembang KDE yang berkontribusi langsung menerapkan dukungan KDE Plasma 5 di FreeBSD, KDE mulai “menyingkirkan” port KDE4 dengan cara mengalihkan segala nama port komponennya ke bentuk sufiks -kde4. Desktop KDE4 sendiri masih dapat dipasang dengan port sama (x11/kde4).

Dengan demikian, port KDE akan merujuk langsung pada versi terkini desktop KDE Plasma 5.

Kini, pengembang tengah mempersiapkan dukungan CMake 3.11 yang saat ini masih dalam fase kandidat rilis, mengerjakan dukungan Qt 5.10 kecuali pada WebEngine, serta memoles dan menyiapkan branch impor KDE5.

Angin segar bagi para pengguna FreeBSD yang ingin menikmati desktop terkini, waaah.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top