Berita

Pengembang Pertimbangkan Bangun Pemutar Media MPV Versi GUI Ofisial

MPV merupakan pemutar media berbasis CLI yang sangat fungsional. Berjalan ringan, MPV sering dipakai oleh pengguna yang ingin memutar musik dan video dengan cara “rumit”–ketik ini, ketik itu, hafalkan perintah ini, dan perintah itu.

MPV

Namun, kasus tersebut tidak cocok untuk semua orang. Tidak sedikit pengguna yang hanya ingin memainkan musik atau video tanpa perlu mengetik perintah secara manual, apalagi bagi pengguna pemula.

Kabar mencerahkan. Vincent Lang, pimpinan proyek MPV, berpikir untuk mengembangkan MPV GUI ofisial. Berdasarkan pos pernyataan di laman laporan isu Github, proyek ofisial MPV GUI ini perlu dipertimbangkan walaupun pengembang inti, termasuk Vincent sendiri, tidak berminat membangun versi GUI.

“Ia akan menjadi bagian dari organisasi github mpv-player. Ia akan menerima perhatian spesial dari pengguna maupun pengembang inti mpv,” katanya.

MPV versi GUI ofisial ini masih menjadi bahan diskusi dan masih dianggap sebagai pos RFC (Request for Comment). Sampai sekarang, ide ini dipandang positif oleh pengguna dan kontributor, walau ada juga yang tidak setuju terutama jika MPV GUI ofisial mengorbankan fitur khas OSD (On Screen Display) dan OSC (On Screen Controller).

Sementara itu, Anda tetap dapat menikmati MPV GUI yang dibangun oleh pihak ketiga seperti GNOME MPV, Baka MPLayer, Deepin Movies, SMPlayer, OvoPlayer, dll.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

3 comments on “Pengembang Pertimbangkan Bangun Pemutar Media MPV Versi GUI Ofisial

  1. Imron Rosadi says:

    Tapi saya sudah menikmati MPV gui version ?… ?

    1. Saya yakin itu bukan MPV GUI yang ofisial ?

      1. Imron Rosadi says:

        Oh begitu ya ..
        Saya dulu pakai MPV soalnya di vlc ada trouble..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top