Distro elementaryos

Pengembang Perkenalkan Prarilis ElementaryOS 5.0 Beta 2, Benahi 200 Bug Lebih

Buat pengguna dan loyalis proyek elementaryOS, kehadiran rilis (bahkan prarilis) 5.0 Juno adalah hal yang sangat layak untuk ditunggu. Bulan Juli lalu, pertama kalinya pengembang menerbitkan prarilis Beta 1 yang dapat dijajal oleh pengguna dan pengembang aplikasi. ElementaryOS 5.0 Juno Beta 1 menyediakan beragam fitur baru yang diantisipasi oleh para penggemar.

Bulan September ini, tim pengembang elementaryOS yang diwakili oleh Cody Garver kembali menerbitkan prarilis anyar: elementaryOS 5.0 Juno Beta 2. Seperti pada Beta 1, Beta 2 difokuskan sebagai Developer Preview–platform pengujian pengembang aplikasi pihak ketiga untuk lingkungan elementaryOS.

elementaryOS

“Mereka (Beta 1 dan Beta 2) adalah rilis spesial yang ditujukan untuk pengembang aplikasi pihak ketiga dan pengguna mahir,” terang Garver. “Pengembang (pihak ketiga) memerlukan (elementaryOS) prarilis untuk menguji dan mengambil manfaat dari fitur-fitur pada platform baru dan untuk menerbitkan aplikasi mereka sehingga kami tidak akan memiliki toko aplikasi kosong.”

Sejak prarilis Beta 1, pengembang telah memperbaiki 200 lebih bug elementaryOS 5.0, dan sejak itu pula beberapa fitur telah diperbarui, di antaranya pada Gala, dukungan HiDPI, Greeter, AppCenter terutama pada dialog pembayaran aplikasinya, manajer berkas Files, ikon dan wallpaper, perkakas Music, Photos, Code, Settings, serta Panel dan Indicator. Aplikasi berbasis Qt yang dijalankan pada 5.0 Beta 1 juga lebih alami karena pengembang telah membenamkan QGnomePlatform.

“Saya ingin mengulangi jika Anda bukanlah pengembang aplikasi atau pengguna mahir, Anda tidak seharusnya mengunduh dan menjalankan citra prarilis ini. (Prarilis) ini tidak ditujukan untuk lingkungan produksi,” tegas pengembang.

Jika Anda penasaran dengan elementaryOS 5.0 Beta 2, Anda dapat mengunduh citra ISO-nya melalui pos pengumuman.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on “Pengembang Perkenalkan Prarilis ElementaryOS 5.0 Beta 2, Benahi 200 Bug Lebih

  1. Yusaf Rendra says:

    Saya sudah lengket dengan elementary OS Sejak Freya. Namun belakangan dukungan untuk global menu (bahkan tweak) menjadi makin sulit. Padahal saya senangnya main di elementary OS karena hampir mirip dengan DE nya MacOS. wkwkwkw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top