Distro openSUSE

Pengembang Luncurkan OpenSUSE Leap 15 Beta

Pra-rilis openSUSE Leap 15 diluncurkan! Dikembangkan selama berbulan-bulan, openSUSE menghadirkan rilis pengembangan openSUSE Leap 15 Beta untuk diunduh dan dicoba oleh para pengguna loyalnya.

openSUSE

Loh mengapa openSUSE Leap 15, bukan openSUSE Leap 43? Jika Anda pernah menyimak kabar sebelumnya, Dewan openSUSE dan Manajemen Rilis Leap Richard Brown menyampaikan bahwa rilis openSUSE Leap akan kembali mengikuti rilis SLE (SUSE Linux Enterprise), tidak lagi menerapkan rumus pemversian “versi SLE + 30”.

Melalui pos pengumuman resmi, Douglas DeMaio menyatakan, openSUSE 15 Beta menghadirkan kernel Linux 4.14 LTS (sepertinya ini keliru, mungkin yang dimaksud 4.12) serta desktop environment KDE Plasma 5.12. RPM 4.14 juga menjadi rilis anyar perkakas RPM yang diperkenalkan di pra-rilis ini.

Masalah yang masih ditemukan

Seperti yang dilansir oleh Douglas, Ludwig Nussel, manajer rilis openSUSE, menyebutkan bahwa masalah ditemukan pada proses pemutakhiran yang diakibatkan oleh konflik paket. Meski begitu, pengembang yakin, masalah ini akan terselesaikan di pra-rilis berikutnya.

Unduh openSUSE 15 Beta

Setelah ini, pengembang akan menerbitkan ISO pra-rilis baru (RC) sebelum versi final. Tidak ada jadwal rilis pasti kapan ISO pra-rilis baru tersebut hadir karena ini tergantung bagaimana pengujian openQA bekerja. Yang pasti, menurut roadmap, openSUSE Leap 15 final akan meluncur bulan Mei 2018.

Namun, sambil menunggu pra-rilis berikutnya, Anda dapat mengunduh citra ISO Beta di tautan ini.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top