Distro Manjaro

Pengembang Kembali Hidupkan Proyek Manjaro ARM

Semakin banyak proyek distribusi GNU/Linux yang ingin menyajikan dukungan arsitektur ARM, meskipun dukungan tersebut diolah oleh penggiat dan tidak masuk secara resmi di proyek distribusi tersebut. Manjaro ARM mungkin menjadi salah satu contoh menarik.

Pada bulan Februari 2016, proyek yang ingin fokus membenamkan dukungan ARM pada Manjaro dan menjuluki diri sebagai Manjaro ARM menghadirkan rilis percobaan sebagai bahan uji pengguna dan pengembang. Tiga bulan kemudian, proyek tersebut resmi menerbitkan rilis final Manjaro ARM 16.05. Namun sayang, sejak itu tidak ada perkembangan berarti sehingga pada kuartal pertama 2017, pengembang resmi menutup proyek Manjaro ARM.

Manjaro ARM

Mengejutkan. Proyek Manjaro ARM ternyata mulai digarap kembali. Dan Johansen (Strit) belum lama ini mengumumkan bahwa ia bersama pendiri proyek sebelumnya, dodgejr, dan pengembang Manjaro lain, GrayJack, dan cscs sedang sibuk menghidupkan Manjaro ARM.

Mayoritas hal yang sudah dimiliki pengembang sebagai modal pengembangan adalah infrastruktur. Server repositori untuk menyinkronkan paket dari Arch Linux ARM, server build untuk membangun paket Manjaro, beberapa cermin untuk melakukan sinkronisasi paket harian, dan laman baru ulang laman manjaro-arm.org.

Dan Johansen juga menerangkan, mereka telah membangun citra minimal Manjaro ARM 18.02 yang saat ini baru mendukung Raspberry Pi 2 dan 3.

Tertarik berkontribusi mengerjakan Manjaro ARM? Saat ini pengembang sedang membuka lowongan sebagai pemelihara dan penguji citra, pemelihara paket, serta penyedia repositori cermin.

Untuk menghubungi pengembang silakan rujuk forum Manjaro. Laman Manjaro ARM sendiri dapat diakses di tautan ini.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top