Free Software Open Source Software

Pengembang KDE Ajak Anda untuk Ikut Kirim Rating dan Review Aplikasi di Plasma Discover

Sebuah toko aplikasi atau manajer paket GUI sangat bermanfaat bagi pengguna kasual yang ingin menjelajah daftar paket aplikasi apa saja yang disediakan oleh distribusi GNU/Linux. Berbeda dengan para pengguna mahir yang lebih menyukai manajer paket CLI untuk menjelajah, memilih, maupun memasang paket-paket aplikasi.

Salah satu fitur menarik untuk mendukung kenyamanan saat menjelajah paket pada sebuah toko aplikasi adalah pengurutan aplikasi berdasarkan popularitas seperti yang dilakukan oleh Goole pada Play Store-nya.

Pengembang KDE memperhatikan fitur seperti ini. Pada perkakas Plasma Discover, fitur pengurutan aplikasi berbasis popularitas memanfaatkan parameter rating dan review langsung dari pengguna. Semakin tinggi rating, semakin populer pula aplikasi. “Pahitnya”, sebagai toko aplikasi dari KDE yang sejatinya lebih mengiklankan aplikasi ramah KDE, GNOME Tweak Tool justru menjadi aplikasi paling populer yang muncul pada daftar Plasma Discover.

“Inilah mengapa GNOME Tweak Tool muncul pertama pada daftar penjelajahan Discover: ia merupakan aplikasi paling populer di kalangan pengguna GNOME, dan mereka menulis banyak review tentangnya,” tutur Nathaniel Graham.

Untuk mengubah posisi GNOME Tweak Tool pada Plasma Discover atau setidaknya meningkatkan kontribusi dari para pengguna KDE, Nathaniel mengajak Anda untuk ikut menulis review dan me-rating aplikasi favorit di Plasma Discover.

Dirinya juga menegaskan, tulisan review haruslah menggambarkan kepuasan pengguna terhadap aplikasi yang digunakan; apakah membantu pekerjaan mereka, mudah digunakan, atau justru peletakan antar mukanya buruk, bukan menggambarkan bagaimana ia berjalan di sistem (mulus atau tidak), memiliki bug tertentu, menggunakan teknologi tertentu yang dirasa tidak cocok untuk dipakai, dll.

Cara mengirim rating dan review pada Plasma Discover

Jika Anda ingin mengirim rating dan review sebuah aplikasi pada Plasma Discover silakan pilih aplikasi yang ingin di-review kemudian klik Show Reviews untuk membuka popup reviews. Setelah muncul popup, klik tombol Review lalu silakan rate aplikasi (maksimal lima bintang) dan isikan review pada kolom di bawahnya. Klik Accept untuk mengirimnya.

Plasma Discover
Gambar 1. Kolom review pada Plasma Discover (Nathaniel Graham)

Saat ini, antar muka penulisan review masih diolah karena masih ada beberapa masalah yang perlu dibenahi demi kenyamanan mata, termasuk tombol Review yang terlalu mepet pada popup pojok kiri atas.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top