Arch Distro

Pengembang Benamkan Kernel 4.14.5 ke dalam Citra ISO Arch Linux 2018.02.01

Di bulan baru ini, pengembang Arch Linux kembali meluncurkan citra ISO anyar sebagai alat untuk mencoba dan memasang distribusi Arch Linux maupun sebagai alat untuk me-recovery sistem.

Arch Linux

Arch Linux merupakan distribusi rolling release atau rilis bergulir paling populer yang pernah ada di dunia GNU/Linux. Sebagai distribusi rilis bergulir, tentu saja setiap bulan (bahkan setiap hari) pengembang akan meluncurkan pembaruan paket yang dapat diunduh oleh pengguna dengan perintah sederhana pacman -Syu atau dengan manajer paket GUI Octopi/Pamac.

Cepatnya rilis pembaruan paket menjadikan ISO yang meluncur bulan lalu sebagai ISO “usang” sehingga setiap awal pekan pengembang akan membundel segala pembaruan sistem dasar (base system) selama sebulan sebelumnya ke dalam ISO baru.

Begitu juga dengan ISO Arch Linux 2018.02.01 yang dirilis kemarin. Pengembang telah membenamkan segala pembaruan yang hadir selama bulan Januari 2018 ke dalamnya, termasuk kernel Linux 4.14.5.

Sebagai catatan, ISO ini hanya diperuntukkan bagi pengguna aktif yang ingin memasang Arch Linux di komputer lain atau bagi calon pengguna yang ingin memasangnya untuk pertama kali. Pengguna aktif hanya perlu menjalankan perintah pacman -Syu untuk memperoleh pembaruan-pembaruan yang ada di ISO tersebut.

Berukuran 539MB, citra ISO Arch Linux 2018.02.01 dapat diunduh lewat cermin Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) maupun cermin Universitas Surabaya (Ubaya).

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top