Kernel

Pembuka Siklus Rilis Baru, Kernel Linux 4.16-RC1 Menyapa

Dua pekan merge window berlalu, mengawali hari, Linus Torvalds meluncurkan kandidat rilis pertama untuk kernel Linux 4.16. Kernel 4.16 adalah calon rilis mayor berikutnya setelah akhir bulan Januari 2018 kemarin mereka menghadirkan Linux 4.15.

Kabar Linux

Linux 4.16-rc1 cenderung tenang. Namun, apakah ini hanya seperti RC1 biasanya yang memang kalem atau berpotensi lancar hingga akhir nanti? Tidak bisa dipastikan, tetapi Torvalds memiliki harapan besar terhadap siklus rilis ini bahwa semua akan baik-baik saja—​dibandingkan dengan siklus sebelumnya (4.15) yang relatif kacau karena ada kerentanan Meltdown dan Spectre.

Pra-rilis pertama Linux 4.16 ini didominasi oleh pembaruan driver, khususny pada patch yang berhubungan dengan AMD GPU. Perubahan pada GPU tersebut pun hanyalah berisi perapian kode dan pembersihan header yang sudah tidak diperlukan lagi.

Di samping GPU, pembaruan driver juga dapat ditemukan pada driver jaringan, media, sound, dan infiniband, disusul dengan pembaruan arsitektur, terutama mitigasi Meltdown dan Spectre untuk arsitektur non-x86. Selain itu, pembaruan pada sistem berkas, dokumentasi, dan tooling.

Untuk mengunduh tarball Linux 4.16-rc1, silakan kunjungi www.kernel.org. Pengguna Ubuntu dapat mencoba kernel ini dengan mengunduh berkas DEB-nya melalui repositori Ubuntu Kernel Mainline.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top