Kernel

Peluncuran Linux 4.18 Diundur dengan Kehadiran RC8, Isu VM Jadi Salah Satu Sebab

Tidak sesuai rencana. Akhir pekan kemarin, Linus Torvalds memutuskan untuk meluncurkan kandidat rilis tambahan (RC8) pada siklus pengembangan kernel Linux 4.18.

Sebelum ini, saat peluncuran Linux 4.18-rc7, Torvalds cukup yakin jika 4.18 akan hadir dengan lancar tanpa RC tambahan. RC7 atau kandidat rilis tujuh sendiri merupakan RC yang umum dijadikan sebagai RC terakhir sebelum final. Di atas RC itu biasanya dianggap sebagai RC tambahan.

“Seperti yang sudah disebutkan beberapa kali pada utas (thread) yang relevan, pekan ini bukanlah pekan yang menyakitkan, dan 4.18 akhirnya menjadi salah satu rilis yang memperoleh pekan pengujian rc ekstra sebelum rilis (final),” kata Torvalds via Linux Kernel Mailing List.

Kabar Linux

Hadirnya RC tambahan untuk 4.18 diakibatkan oleh masalah mesin virtual (VM) yang berhasil dibenahi di hari-hari terakhir, waktu yang seharusnya menjadi waktu pengujian Linux 4.18 final. Selain VM, pembenahan kode networking dan isu VFS menjadi masalah yang berhasil ditangani di menit-menit terakhir peluncuran menjadi sebab mengapa siklus pengembangan atau pengujian Linux 4.18 perlu diperpanjang.

“Saya sadar bahwa peluncuran ini (RC8) mengacaukan banyak orang yang berencana melakukan merge window besok — khususnya orang-orang Eropa yang bulan Agustus menjadi waktu liburan puncak,” ujar Torvalds. Merge window adalah fase yang mengizinkan pengembang kernel untuk mengirim patch pembaruan untuk digabungkan (merged) ke kode utama kernel Linux. Merge window biasa dilakukan selama dua pekan setelah rilis final.

Yang ingin mengikuti prarilis Linux, silakan unduh tarball-nya melalui kernel.org.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top