Kernel

Pekan Depan Rilis Final, Linux 4.18-RC7 Diumumkan

Tim pengembang kernel terus bergerak. Akhir bulan Juli ini, mereka menerbitkan prarilis anyar Linux 4.18-rc7. Linux 4.18 adalah calon rilis mayor yang saat ini tengah digodok oleh tim yang dipimpin oleh Linus Torvalds.

Pengembangan Linux 4.18 sangat dinamis. Beberapa pekan awal, pengembangan relatif tenang, tidak ada masalah berarti. Setelah itu masalah timbul pada penanganan bug mesin virtual dan alokasi memori tetapi berhasil diperbaiki pada kandidat rilis kelima.

Kabar Linux

Ketenangan pun kembali berlangsung hingga RC7 yang diumumkan kehadirannya 29 Juli lalu.

“Tidak ada hal ganjil yang terjadi pada pekan akhir ini,” begitu kata Linus Torvalds saat mengumumkan prarilis Linux 4.18-rc7. Linux 4.18-rc7 termasuk prarilis normal yang membawa pembaruan cukup merata. Sepertiga pembaruan terjadi pada driver, termasuk pada networking, staging, dan USB, ada juga merata pada kode clk, GPU, NVMe, dll.

Di luar driver, pembaruan terlihat pada kode inti networking, arsitektur, sistem berkas, inti kernel, dan skrip pengujian.

Linux 4.18 bakal menjadi calon rilis mayor yang ditunggu-tunggu oleh penggunanya. Apabila selama satu pekan nanti lancar, Linux 4.18-rc7 akan menjadi RC terakhir dan rilis final akan hadir tanggal 5 Agustus mendatang.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top