Desktop Environment

Pastikan Proses Build dengan BuildStream Lancar, GNOME 3.28 Beta Meluncur

Pertengahan bulan Februari 2018, GNOME meluncurkan pra-rilis anyar untuk desktop environment GNOME 3.28. Meski terlambat satu pekan dari rencana awal, pra-rilis ini patut disambut karena menyediakan beragam pembaruan yang bakal matang di rilis final nanti.

GNOME 580

Penundaan selama satu pekan dilakukan karena pengembang memastikan proses build menggunakn BuildStream berjalan dengan normal dan sangat baik. Di rilis ini, pengembang memang mengalihkan perkakas build ke BuildStream dari yang sebelumnya JHBuild. BuildStream yang bekerja sebagai sandbox mampu memastikan lancarnya proses build karena ia tidak akan bergantung pada dependensi yang terinstal pada sistem pengguna.

GNOME 3.28 Beta menghadirkan banyak pembaruan, dari NetworkManager, Epiphany atau GNOME Web, GNOME Photos, GNOME Maps, GNOME Terminal, GNOME ToDo, Vala, GVfs, GTK+, Zeniyty, dan sebagainya.

Yang patut diperhatikan di pra-rilis ini, pengembang sudah tidak lagi membangun maupun meluncurkan aplikasi non-core. “Dengan rilis ini, tim rilis tak akan lagi membangun atau meluncurkan aplikasi non-core. Kami telah mengubah nama moduleset aplikasi ke kata tertentu untuk merefleksikan hal ini,” ujar Michael Catanzaro. “Para pengembang aplikasi (berbasis GNOME) didorong untuk segera menguji aplikasi mereka menggunakan versi baru GNOME guna memastikan semuanya dapat dibangun dan bekerja dengan baik.”

Bagi Anda para pengadopsi awal, tarball GNOME 3.28 Beta dapat diunduh melalui tautan ini. Setelah ini, pengembang akan menghadirkan Beta kedua akhir bulan Februari yang disusul dengan GNOME 3.28 final pada tanggal 14 Maret 2018. Untuk melihat catatan perubahan lengkap, sila simak laman ini.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top