Free Software Open Source Software

Padatkan dan Rapikan Perintah, Manajer Paket Nix Sentuh Rilis Mayor 2.0

Dari sekian banyak manajer paket, Nix sangatlah unik meskipun konsep yang dipakai jauh dari lingkungan Unix. Dengan Nix, para pengguna dapat memasang lebih dari satu versi aplikasi serta dapat me-rollback ke versi sebelumnya jika versi anyar aplikasi memiliki bug atau tidak berjalan semestinya.

NixOS

Kemarin, tim pengembang Nix meluncurkan rilis mayor baru Nix 2.0. Satu hal yang sangat menarik pada rilis ini adalah mayoritas perintah dimasukkan ke dalam satu berkas binary nix dan diubah sedemikian rupa, sehingga nix-build menjadi nix build, nix-shell -p menjadi nix run, nix-env -qa menjadi nix search, nix-copy-closure dan nix-push yang menjadi nix copy saja, nix-store –verify dan nix-store –verify-path menjadi nix verify saja, dan sebagainya.

Pola perintah nix baru yang menggantikan nix-* ini akan menjamin konsistensi perintah dan desain antar muka yang lebih baik.

Selain mengubah banyak perintah, rilis mayor Nix 2.0 telah menghapus dukungan penandatanganan berbasis OpenSSL yang kini diganti dengan secret-key-files dan trusted-public-keys, menghapus mekanisme copy-from-other-stores dan variabel NIX_OTHER_STORES, dan menghapus nix-mode.el dari dalam Nix. Nix-mode.el kini diunggah dalam repositori terpisah dan dapat dipasang melalui MELPA. Nix-mode.el sendiri merupaka mode untuk menulis segala ekspresi Nix pada editor teks Emacs.

Sisi keamanan juga menjadi prioritas Nix 2.0. Ia kini menyimpan tanda tangan untuk path store lokal dan menggunakan direktori /build sebagai pengganti /tmp untuk menyimpan berkas pembangunan sementara (sandbox). Fitur terakhir untuk mencegah masalah potensi keamanan ketika proses pembangunan paket tidak sengaja menyimpan TMPDIR di lokasi yang tidak aman, seperti RPATH.

Daftar di atas hanya sebagian kecil dari pembaruan Nix 2.0. Untuk para nerd yang ingin membaca catatan rilis lengkap, silakan kunjungi laman nixos.org. Bagi Anda yang ingin mencicipi manajer paket Nix, silakan mengunduhnya melalui tautan ini. Mencoba langsung distribusi GNU/Linux NixOS juga merupakan hal yang bagus bila ingin merasakan lingkungan Nix yang paripurna.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top