Game

Optimalkan Aktivitas Gaming di GNU/Linux, Feral Interactive Kenalkan GameMode

Masa depan GNU/Linux sebagai platform gaming semakin bersinar. Hadirnya klien Steam di GNU/Linux secara murni yang disusul makin banyaknya pengembang dan penerbit gim yang menargetkan GNU/Linux adalah tanda-tanda awalnya.

Feral Interactive menjadi salah satu penerbit gim yang rajin meluncurkan gim-gim populer, termasuk yang sekelas AAA, ke GNU/Linux di samping ke macOS. Beberapa di antaranya adalah Deus Ex: Mankind Divided, Mad Max, Warhammer 40.000: Dawn of War II, F1 2017, DiRT, maupun HITMAN.

Gebrakan anyar, Feral Interactive baru saja mengumumkan GameMode, sebuah daemon/lib baru yang memperkenankan pengguna mengoptimasi komputer ber-GNU/Linux saat dipakai untuk aktivitas gaming.

Kerja GameMode

GameMode

GameMode bakal memanjakan pengguna. Mereka tidak perlu mengatur ini itu secara manual sebelum bermain gim demi kinerja komputer yang apik. Dengan hanya menjalankan GameMode layaknya perintah CLI pada umumnya, komputer ber-GNU/Linux kamu akan teroptimasi untuk bermain gim.

Untuk saat ini, GameMode hanya bertugas mengatur CPU governor agar tak men-downclock CPU saat gim menunggu kerja GPU. Fitur ini kemungkinan besar akan bertambah mengingat Feral Interactive mendapatkan saran untuk secara otomatis menonaktifkan f.lux, menukar KWin dari OpenGL ke xrender, dsb.

Buat kamu yang tertarik memasang GameMode, kamu dapat mengikuti langkahnya melalui Github. Dilihat dari cara perintah instalasi manualnya, GameMode setidaknya memerlukan meson, ninja, dan systemd.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top