Distro openSUSE

OpenSUSE Leap 15 Siap Peroleh Sesi Plasma Wayland dengan KDE Plasma 5.12 LTS

Tim KDE kemarin menerbitkan rilis mayor sekaligus rilis LTS termutakhir desktop environment KDE Plasma 5.12. Banyak hal baru di sini, satu yang sangat menonjol dan patut disorot adalah dukungan Wayland yang semakin apik.

openSUSE

Dari banyak distribusi GNU/Linux yang berpotensi membenamkan KDE Plasma 5.12, openSUSE adalah distribusi besar yang bakal menyertakan rilis anyar desktop environment tersebut sabagai desktop bawaan di versi berikutnya. Pada openSUSE Leap 15 tepatnya.

Adanya dukungan Wayland yang makin apik pada KDE Plasma 5.12, tim pengembang berencana membenamkan sesi Plasma Wayland pada calon rilis openSUSE Leap 15.

“Poin utama dari rilis baru ini (KDE Plasma 5.12 -pen) adalah dukungan Wayland telah dikerjakan secara ekstensif dan kini sangat pas berada di bawah jaminan (rilis) Long Term Support,” kata Douglas DeMaio via pos pengumuman openSUSE.org.

Lanjutnya, ini berarti rilis openSUSE Leap 15 akan menyediakan pengalaman Wayland yang terinstal lebih komplit secara default.

Kabar ini tentu tidak akan begitu mengagetkan pengguna openSUSE Tumbleweed, varian rilis bergulir (rolling release) dari openSUSE, mengingat mereka telah mendapatkan sesi Wayland sejak kehadiran KDE Plasma 5.4. Oiya, openSUSE Tumbleweed pun juga sudah memperoleh KDE Plasma 5.12 final belum lama ini.

Saat ini, sesi Wayland masih diuji oleh openQA. Bagi Anda yang ingin mencicipi sesi Plasma Wayland pada openSUSE, silakan boot citra ISO yang dapat diunduh lewat www.opensuse.org.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top