Distro openSUSE

OpenSUSE Leap 15 Dirilis, Sertakan Fitur Transactional Update dan Pembaruan Lain

Rilis anyar dari salah satu distribusi GNU/Linux populer, openSUSE Leap 15 akhirnya diluncurkan. OpenSUSE Leap 15 merupakan rilis anyar yang dikerjakan selama hampir satu tahun sejak peluncuran openSUSE Leap 42.3.

openSUSE

Sekilas pandang, openSUSE Leap 15 merupakan rilis menarik karena nomor rilisnya mundur. Alih-alih menggunakan nomor “43”, rilis ini justru mundur jauh ke “15”. Mengapa? Seperti yang dikabarkan sebelumnya, nomor rilis openSUSE Leap kembali mengikuti SLE (SUSE Linux Enterprise). “Keputusan SUSE untuk melewati SLE 13 dan 14 memberikan kita kesempatan sempurna untuk kembali sinkron dengan versi SLE seperti yang kita inginkan sejak dahulu dengan Leap. Ini adalah kesempatan yang tidak bisa kita ambil dengan mudah beberapa tahun dari sekarang bila kita melanjutkan dengan versi Leap saat ini,” kata Richard Brown via mailing list opensuse-project beberapa bulan lalu.

Tentu saja hal baru tidak hanya terlihat pada nomor rilis, tetapi juga komponen-komponen di dalamnya.

Sorotan pembaruan di openSUSE Leap 15

OpenSUSE Leap 15 membenamkan fitur transactional update yang memperkenankan pembaruan sistem operasi bekerja secara atomic. Transactional update lebih ditujukan ke versi server tapi tidak menutup kemungkinan ia dapat dipakai di versi desktop. Rilis ini juga menyediakan pemartisi perkakas pemartisi anyar, beralih ke Firewalld, terintegrasi dengan Grupware Kopano, serta lebih teroptimasi untuk penggunaan di ranah awan.

Satu hal lain yang menarik dari openSUSE Leap 15 Server, pengguna diperkenankan untuk mengalihkannya ke versi komersial, SLE 15, didukung penuh oleh SUSE.

Tidak hanya itu, openSUSE Leap 15 juga meningkatkan perkakas Yet another Setup Tool atau YaST beserta perkakas setup sistem AutoYaST, begitu juga membenamkan desktop environment KDE Plasma 5.12 LTS, GNOME 3.26, peramban Firefox 60, LibreOffice 6.0, VLC 3.0, Thunderbird 52, dan systemd 234. Linux 4.12 merupakan versi kernel yang dibenamkan pada rilis ini. Terasa jadul? OpenSUSE Leap memang tidak mementingkan perangkat lunak terkini, jika kamu ingin segala pembaruan terkini, openSUSE Tumbleweed adalah varian yang cocok.

Para pengguna openSUSE Leap 42.3 dapat langsung memutakhirkannya ke versi 15 melalui manajer paket zypper atau YaST. Sedangkan bagi yang ingin memasang openSUSE Leap 15 di perangkat lain, silakan unduh citranya melalui software.opensuse.org. Bagi yang ingin mengunduh dari cermin lokal, komunitas openSUSE ID telah menyediakan citra ISO di repositori repo.opensuse.id.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top