Free Software Open Source Software

Nextcloud Talk, Platform Komunikasi Terenkripsi yang Dapat Di-host Sendiri

Nextcloud, proyek perangkat lunak client-server untuk membangun layanan awan penyimpan berkas bebas/merdeka dan open-source, mengumumkan proyek baru bernama Nextcloud Talk. Bagi Anda yang ketinggalan kereta, Nextcloud merupakan proyek hasil fork ownCloud yang dilakukan oleh sang pendiri Frank Karlitschek, yang tidak puas dengan arah pengembangan dan gol ownCloud.

Nextcloud

Jadi, apa itu Nextcloud Talk?

Nextcloud Talk adalah perangkat lunak bersifat open-source yang menyediakan fitur untuk melakukan rapat daring. Keunggulannya, perangkat lunak ini dapat di-host di server sendiri dan juga mendukungan enkripsi end-to-end sehingga lalu lintas komunikasi via Nextcloud Talk terjamin aman.

Dijelaskan via rilis pers, Nextcloud Talk sangat pas ditujukan untuk penggunaan rumahan maupun korporasi.

“Nextcloud Talk mempermudah pembangunan layanan komunikasi audio/video yang fokus pada privasi untuk rumahan maupun korporasi,” kata Nextcloud. “Dengan antarmuka yang mudah digunakan, pengguna dapat berhubungan dengan kolega, sahabat, rekan atau pelanggan, dan bekerja secara real time melalui video dan audio Hight Definition (berbasis H265) di rapat web maupun webinar.”

Fitur-fitur utama yang diperkenalkan oleh layanan ini adalah,

  • Komunikasi langsung, tanpa memerlukan akun atau aplikasi pihak ketiga.

  • Fitur pengingat dan kalender.

  • Fitur Screen Sharing (Berbagi Layar) yang mengizinkan pengguna berbagi catatan atau tautan melalui bilah obrolan (chat bar).

  • Aman dan terjamin melindungi privasi. Nextcloud Talk melakukan panggilan secara peer-to-peer dan terenkripsi end-to-end. Dengan demikian, hasil log obrolan (chat) akan tersimpan di server dalam bentuk terenkripsi.

  • Fitur yang terintegrasi dengan baik dengan Nextcloud Files maupun Nextcloud Groupware.

Nextcloud Talk tersedia melalui toko aplikasi Nextcloud App maupun dalam bentuk aplikasi mobile yang dapat dipasang melalui Play Store maupun App Store.

Sebelum itu, untuk menikmatinya, Anda harus memutakhirkan Nextcloud Anda ke versi 13 yang sekarang baru menginjak fase Beta.

Untuk mencari tahu lebih dalam seputar Nextcloud Talk, silakan kunjungi nextcloud.com/talk.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top