BSD

NetBSD 8.0 Hadir, Sudut Keamanan Semakin Meningkat

Hampir sepekan lalu, tim pengembang salah satu sistem operasi BSD yang cukup populer menerbitkan rilis anyar: NetBSD 8.0. NetBSD 8.0 adalah rilis mayor terkini yang dikembangkan selama empat bulan sejak kehadiran NetBSD 7.1.2.

“Proyek NetBSD dengan bangga mengumumkan NetBSD 8.0, rilis mayor keenam belas dari sistem operasi NetBSD. Ia merepresentasikan banyak perbaikan bug, dukungan perangkat keras tambahan, dan fitur-fitur keamanan baru,” ujar Martin Husemann, pemelihara NetBSD untuk sparc64.

NetBSD

Seperti yang disinggung oleh Martin Husemann, NetBSD 8.0 membawa banyak pembaruan. Pembaruan itu termasuk pengerjaan ulang stack USB dan penambahan dukungan USB3, dukungan reproducible builds, audio mixer in-kernel, pengaktifkan PaX ASLR dan proteksi memori PaX MPROTECT secara bawaan pada i386, evbarm, amd64, dan landisk.

Tidak berhenti di situ, rilis ini juga mengaktifkan dukungan PIE (Position Independent Executables) secara bawaan pada i386, ARM, amd64, MIPS, m68k, sh3, dan sparc64, menambahkan layer soket baru untuk menambahkan dukungan perangkat komunikasi pada bus CAN, dll.

Keamanan NetBSD 8.0 juga semakin mantap dengan pembenaman mitigasi Meltdown, SpectreV2, dan SpectreV4, serta penonaktifan Lazy CPU pada perangkat Intel yang rentan pada arsitektur i386 dan amd64. Kedua arsitektur tersebut juga memperoleh bootloader UEFI.

Di luar basis kode NetBSD itu sendiri, rilis ini telah membenamkan GCC 5.5, GNU binutils 2.27, GDB 7.12, Clang/LLVM 3.8.1, OpenSSL 1.0.2k, OpenSSH 7.6, mdocml 1.14.1, acpica 20170303, dhcpcd 7.0.6, ntp 4.2.8p11-o, serta Lua 5.3.4.

Pengguna yang ingin memutakhirkan NetBSD 7.1.2 ke NetBSD 8.0, silakan ikuti proses pemutakhirannya di tautan ini. Jika ingin mengunduh berkas citranya, silakan kunjungi repositori cdn.netbsd.org.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top