Distro Ubuntu

Nama Kode Diawali dengan “Cosmic”, Citra Harian Ubuntu 18.10 Sudah Dapat Diunduh

April lalu, Canonical sukses menerbitkan rilis Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver sebagai rilis termutakhir Ubuntu sekaligus sebagai rilis LTS terkini. Versi 18.04 LTS adalah versi spesial karena ia dapat diperoleh dari proses pemutakhiran versi 17.10 dan 16.04 LTS, tanpa perlu instal ulang sistem.

Kini pengembang Ubuntu mulai fokus mengerjakan Ubuntu 18.10 sambil tetap terus memelihara rilis yang belum masuk masa EOL (End of Life). Para pengguna pun sudah dapat mencicipi citra harian Ubuntu 18.10 tersebut melalui repositori http://cdimage.ubuntu.com/daily-live/.

Di rilis tersebut, kemungkinan besar pengembang akan menaikkan versi GNOME ke 3.30 dan mungkin juga menaikkan versi kernel ke 5.0. Tapi siapa tahu? Masih melanjutkan keputusan sebelumnya, Ubuntu 18.10 juga hanya akan menyediakan citra ISO untuk 64-bit, berbeda dengan varian-variannya (flavors) yang tetap menyediakan ISO 32-bit di samping 64-bit.

Ubuntu 18.10 citra harian

Sementara itu, Mark Shuttleworth belum mengumumkan nama kode anyar untuk rilis tersebut. Dari diskusi yang dilakukan oleh tim pengembang, nama kode yang dimaksud akan diawali dengan “Cosmic”.

Silakan unduh citra harian Ubuntu 18.10 melalui cdimage.ubuntu.com untuk mulai bereksperimen dengannya. Belum akan ada perubahan pada citra ISO tersebut mengingat mayoritas sistem masih berbasis Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver. Bilapun ingin mencoba, perlu dicatat, citra ISO itu belum cocok dipakai di mesin produksi karena masih berpotensi besar membawa bug yang belum terdeteksi.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top