Berita

Naik Level, Google Jadi Sponsor Platinum The Linux Foundation

Google sudah cukup lama menjadi salah satu sponsor The Linux Foundation (TLF)–yayasan atau organisasi pengelola pengembangan kernel Linux dan penerapannya serta yang menaungi beberapa proyek open-source lain.

Selama ini Google menjadi sponsor level Silver TLF, mulai akhir Juni lalu, mereka meningkatkan komitmen dengan meningkatan level sponsor menjadi Platinum. Platinum adalah level keanggotaan tertinggi yang ditawarkan oleh TLF. Saat di level Silver, Google hanya diwajibkan membayar biaya keanggotaan dengan nilai kurang dari 100 dollar Amerika pertahun. Dengan bergabungnya Google di level keanggotaan Platinum, perusahaan tersebut harus membayar biaya sebesar 500.000 dollar Amerika.

Ada keuntungan sendiri bagi Google setelah memutuskan menjadi sponsor Platinum, mereka berhak menjadi Dewan Direktur (Board of Directors) The Linux Foundation. Kepala strategi open-source Google Cloud Platform, Sarah Novontny adalah orang yang ditunjuk oleh pihak Google sebagai representasi perusahaan di Dewan Direktur TLF.

Dengan demikian, Google bergabung dengan anggota level Platinum lainnya; AT&T, Fujitsu, Hitachi, Cisco, IBM, Huawei, Microsoft, Intel, Oracle, NEC, Qualcomm, VMware, dan Samsung.

Linux Foundation
Gambar 1. Sebagian sponsor level Platinum

“Google adalah salah satu kontributor dan pendukung terbesar open source di dunia, dan kami bergairah setelah mereka memutuskan untuk meningkatkan keterlibatan mereka di The Linux Foundation,” kata direktur eksekutif TLF, Jim Zemlin, via siaran pers. “Kami menyambut Sarah Novotny, salah satu figur pimpinan di komunitas open source, akan bergabung dengan dewan kami—​dia akan menjadi aset yang hebat.”

Google dianggap sebagai kontributor open-source yang besar karena telah meluncurkan dan berkontribusi pada 100.000 lebih proyek open-source. Selama ini, Google juga aktif mendukung komunitas open-source yang dinaungi oleh TLF, yakni Node.js, Cloud Foundry, dan Open API Initiative. Di samping itu perusahaan tersebut juga menjadi pendiri Cloud Native Computing Foundation (CNCF).

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on “Naik Level, Google Jadi Sponsor Platinum The Linux Foundation

  1. uciha says:

    makin banyak yang jadi sponsor makin bagusss. jaya terusss linux foundation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top