Kernel

Mulai Dipegang Greg Kroah-Hartman, Prarilis Linux 4.19-RC5 Meluncur

Seperti yang telah ditunggu, di awal pekan yang mengakhiri bulan September 2018 ini, tim pengembang kernel Linux menerbitkan kandidat rilis anyar, Linux 4.19-RC5. Kandidat rilis ini unik bukan karena sisi teknisnya tetapi karena faktor perilis yang saat ini dipegang oleh Greg Kroah-Hartman, sang tangan kanan Linus Torvalds.

Greg melalui Linux Kernel Mailing List menyebut RC5 sebagai prarilis normal walaupun diffstat (statistik perubahan) lebih besar dibandingkan RC5 sebelumnya (pada Linux 4.18). “Diffstat sedikit lebih tinggi dibandingkan RC5 sebelumnya, tetapi jumlah kode yang di-pull lebih kecil, jadi secara keseluruhan semua perubahan masih dalam kendali,” tuturnya.

Kabar Linux

Ia juga mengaku, proses kehadiran prarilis ini juga aman dengan laporan besar semacam “bug ini tidak diperbaiki!”. Dengan kata lain, semua (atau setidaknya hampir semua) bug mayor yang ditemukan pada prarilis sebelumnya sudah dibenahi di sini.

“Mayoritas perubahan di sini adalah lebih banyak penambahan dan perbaikan (kode) pengujian, tapi juga ada (perubahan) pada jaringan, x86, sound, DRM, PPC, dan lain-lain,” terang Greg.

Sampai rilis final nanti—​yang diperkirakan sekitar 3 sampai 4 pekan lagi—​pengembangan kernel masih akan tetap dipegang oleh Greg Kroah-Hartman. Saat ini Linus Torvalds tengah rehat dari proyek FLOSS besutannya karena ingin memperbaiki sifat empatinya terhadap orang lain.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top