Free Software Open Source Software

Menuju Rilis Final, Kernel Linux 4.17-RC6 Hadir

Hari ini waktu Indonesia atau kemarin malam waktu Amerika bagian timur, pimpinan pengembangan kernel Linus Torvalds meluncurkan kandidat rilis anyar menuju 4.17: Linux 4.17-rc6. Kandidat rilis atau RC (Release Candidate) adalah versi prarilis dari calon rilis mayor yang hadir setiap awal pekan.

Tidak ada hal menghebohkan selama seminggu pengembangan 4.17-rc6. Torvalds pun menyebutkan RC ini sebagai “tenang”, meskipun cukup banyak komit yang di-push oleh kontributor. “Seperempat dari patch sepekan ini ada pada tooling — dan banyak darinya pada pengujian subdirektori,” tuturnya.

Kabar Linux

Berbeda dari kandidat rilis sebelumnya, pembaruan di RC6 tidak didominasi oleh driver. Tiga puluh persen patch justru dikuasai oleh arsitektur ARM, s390, dan x86. Setelah itu, barulah patch pembaruan sistem berkas menyusul, terutama pada pembaruan dukungan AFS (Andrew File System) dan Btrfs.

Untuk mencoba kernel Linux 4.17-rc6, silakan unduh tarball-nya melalui www.kernel.org. Pengguna Ubuntu dapat mengunduh berkas .deb kernel tersebut melalui repositori Ubuntu Kernel Mainline atau jika ingin otomasi, silakan gunakan perkakas Ukuu (Ubuntu Kernel Update Utility).

Dua pekan lagi, kernel 4.17 final akan meluncur, jika lancar. Namun, apabila pengembang memilih menundanya dengan RC tambahan, ia mungkin baru akan hadir tiga pekan lagi.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top